Lebaran

Berbenah Finansial, Ini 6 Cara Atur Keuangan Setelah Lebaran

Joselyn Gomulya
Joselyn Gomulya
April 2, 2024
Berbenah Finansial, Ini 6 Cara Atur Keuangan Setelah Lebaran

Mengusahakan yang terbaik untuk membahagiakan diri dan keluarga di masa Lebaran memang susah-susah gampang. Kita memesan tiket mudik, membeli baju baru dan hampers Lebaran, bagi-bagi THR, mengajak anggota keluarga untuk jalan-jalan ke destinasi wisata tertentu yang sering kali berujung pada ‘over budget’.

Over budget memang bisa bikin keuangan kita jadi gak sehat tapi, bukan berarti gak bisa dibenahi. Sebelum kita bongkar cara-cara memperbaiki keuangan setelah Lebaran, yuk coba simak dulu kesalahan keuangan selama Lebaran yang sebaiknya kamu hindari supaya dompet kamu gak cepat menipis.

Koin di atas meja kayu
Image by jcomp on Freepik

Kebiasaan yang Bikin Dompet Menipis di Hari Raya Lebaran

Menjelang Lebaran transaksi harian kita pasti meningkat karena banyaknya kebutuhan Hari Raya yang harus kita penuhi. Gak jarang kebutuhan Lebaran bikin dompet kita lebih cepat menipis daripada biasanya.

Di bawah ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa bikin dompet kamu menipis di Hari Raya Lebaran. Sebisa mungkin hindari kesalahan-kesalahan berikut supaya finansial kamu tetap aman:

  • Tidak menyusun rencana keuangan
  • Lupa membagi transaksi berdasarkan kebutuhan dan keinginan
  • Belanja tanpa mengutamakan prioritas
  • Memutuskan untuk mengambil dana darurat untuk kebutuhan ekstra saat Lebaran

Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, kesalahan yang bisa bikin dompet kamu menipis adalah lupa mengelola, menyisihkan, dan membagi THR ke dalam beberapa pos. Kalau kamu ingin tahu cara mengelola THR supaya lebih untung, kamu bisa membaca tips kelola THR agar tidak cepat ludes disini.

Sekarang udah tau ‘kan, kebiasaan apa saja yang justru bikin finansial kamu jadi gak sehat? Makanya ikuti strategi jitu di bawah ini untuk balikin kondisi keuangan usai Lebaran nanti!

6 Cara Mengatur Keuangan Setelah Lebaran

Mengatur keuangan setelah Lebaran supaya cepat kembali ke kondisi yang sehat bisa kamu lakukan dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini:

  1. Memeriksa dan Mengatur Kembali Catatan Keuangan

Langkah pertama untuk mengembalikan kondisi keuangan setelah lebaran adalah dengan memeriksa dan mengatur kembali catatan keuangan. Kamu bisa melihat letak pos-pos pengeluaran yang paling tinggi dan mengatur kembali rincian pengeluaran yang memang gak terlalu penting.

Cara ini tentu mudah dilakukan jika kamu rutin mencatat keuangan dengan aplikasi FINETIKS. Kamu bisa langsung memeriksa kondisi keuangan kamu melalui fitur insights yang didukung oleh teknologi AI (Artificial Intelligence) termasuk menyesuaikan pengeluaran.

Fitur Insights Aplikasi FINETIKS
Fitur Insights Aplikasi FINETIKS

Udah download aplikasi kelola keuangan berteknologi AI, FINETIKS, belum? Kamu bisa benerin kembali keuangan kamu dengan FINETIKS yang tersedia di Google Play dan App Store.

  1. Mengatur Keuangan Setelah Lebaran dengan Membuat Prioritas

Setelah kamu tau kategori atau pos pengeluaran yang paling tinggi, kamu bisa membuat prioritas untuk mempermudah kelola keuangan setelah Lebaran. 

Kesampingkan dulu kebutuhan seperti mobil mewah, barang branded, perhiasan, atau kebutuhan tersier lainnya dan utamakan kebutuhan harian termasuk membayar iuran wajib bulanan kamu.

  1. Melunasi Hutang, Termasuk Paylater

Biar gak numpuk, segera lunasi hutang apalagi kalau kamu punya paylater. Ingatlah kalau hutang punya interest yang harus dibayar makanya segera lunasi supaya gak jadi beban keuangan.

Pro tips buat FinTerz, hindari juga kebiasaan ‘gali lubang, tutup lubang’ ya!

  1. Membatasi Pengeluaran Harian untuk Mengatur Keuangan Setelah Lebaran

Untuk mengembalikan kondisi keuangan setelah Lebaran, kamu bisa membatasi pengeluaran harian dengan bantuan aplikasi FINETIKS. Gak akan over budget, kamu akan mendapatkan saran pengeluaran harian terbaik sesuai  dengan kondisi finansial kamu.

Detail dan Rekomendasi Pengeluaran Harian Aplikasi FINETIKS
Detail dan Rekomendasi Pengeluaran Harian Aplikasi FINETIKS

Selain itu, kamu juga bisa memperbaiki cash flow dengan membuat rincian daftar belanjaan sesuai kebutuhan, termasuk mengurangi kebiasaan makan di luar. 

  1. Bangun Kebiasaan Rutin Menabung

Mungkin kamu ngerasa kebiasaan ini gak terlalu berpengaruh ke kondisi keuangan kamu tapi, menyisihkan uang untuk mengisi kembali tabungan yang sebelumnya sudah dipakai untuk lebaran sebenarnya bisa mempercepat stabilitas finansial kamu loh!

Biasakan diri untuk menyisihkan uang yang kamu terima di awal dan hindari menyimpan uang hanya kalau ada  sisa.

  1. Disiplin dan Konsisten dalam Mengatur Keuangan Setelah Lebaran

Sudah susah-susah berusaha mengatur keuangan setelah Lebaran dengan mengikuti cara-cara di atas tapi gak disiplin dan konsisten? Kamu bisa minta bantuan dari FINETIKS untuk dapetin reminder keuangan tiap harinya mulai dari catat transaksi sampai rekomendasi keuangan harian kamu.

Memperbaiki kondisi keuangan setelah Lebaran tentu membutuhkan proses. Sambil menerapkan cara-cara di atas, kamu juga bisa memperhatikan tips mengelola keuangan setelah Lebaran seperti berikut ini.

Tips Mengelola Keuangan Setelah Lebaran

Dari penghematan sampai cari peluang baru, mengembalikan kondisi keuangan akan semakin mudah dengan 5 tips berikut ini:

  1. Penghematan dengan membawa bekal dan mengurangi kebiasaan nongkrong di kafe
  2. Tingkatkan efisiensi pengeluaran dengan menghitung sisa uang yang kamu punya dan bandingkan dengan waktu gajian berikutnya
  3. Kurangi aktivitas belanja yang konsumtif seperti makan di luar sampai nonton konser berbayar
  4. Bangun kebiasaan baru dengan menghindari menambah hutang
  5. Tunda pengeluaran tersier seperti belanja barang mewah dan fokus pada uang yang kita punya sampai hari gajian berikutnya

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan peluang dengan menambah pendapatan. Kamu bisa mencari pekerjaan sampingan atau memilih pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi.

Finetiks blog mascot
Butuh bantuan untuk tetap mengontrol pengeluaran Anda? Yuk, periksa aplikasi perencana keuangan gratis kami, FINETIKS. Temukan cara terbaik untuk melacak semua pengeluaran dan tabungan Anda di satu tempat saja!

Langganan newsletter FINETIKS sekarang dan dapatkan notifikasi untuk setiap inspirasi baru tentang keuangan!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Artikel Terkini