buket uang

Mau Bisnis Modal Minim? Yuk, Bikin Buket Uang Aja!

December 11, 2023
Mau Bisnis Modal Minim? Yuk, Bikin Buket Uang Aja!

Kalau denger kata buket, pasti identik sama bunga. Bener nggak? Ternyata, istilah buket enggak melulu soal bunga yang bisa dijadikan karangan. Kamu bisa mengemas sebuah karangan buket berisi uang, lho. Apalagi, buket uang bisa menjadi kado alternatif pilihan favorit banyak orang untuk diberikan kepada sosok tersayang. Unik ya!

Kenalan Sama Buket Uang, Ada Sejarahnya Lho!

Ternyata, buket uang bukan sembarangan merangkai uang lho. Jadi, karangan uang di dalam vas asal-usulnya sejak zaman Mesir kuno atau sekitar sejak zaman Kerajaan Lama 2500 Sebelum Masehi (SM), tua juga ya!

Ada beberapa negara yang punya sejarah panjang dan ciri khas dalam urusan buket atau seni merangkai ini:

Jepang

Seni merangkai dari Jepang yang bermula dari bunga ternyata sudah ada sejak tahun 1445 yang disebut Ikebana. Bentuk rangkaian pun juga sederhana. Soalnya, Ikebana menjadi persembahan ritual tradisional di negara tersebut.

Tiongkok

Selain Jepang, seni merangkai, terutama bunga, juga menjadi nilai seni yang tinggi sejak zaman Tiongkok kuno. Konon, bunga adalah simbol yang sejalan dengan prinsip bahwa hidup itu suci, termasuk kehidupan tumbuhan. Jadi, untuk merangkai bunga, butuh ketelitian dalam memotong agar hasil dan bentuknya menjadi indah.

Eropa

Seni merangkai bunga pertama kali muncul di Eropa adalah dari kalangan bangsawan Belanda. Saat itu, ada orang yang melukis yang indah sebagai bentuk keistimewaan seni buket bunga. Bahkan nih, pada abad ke-18, rangkaian bunga digunakan untuk mendekorasi rumah keluarga kaya dan keluarga bangsawan.

Bisa Jadi Bisnis Kecil-Kecilan

Pada era serba flexing, buket enggak harus melulu urusannya sama bunga (apalagi sampai ada pelesetan bunga bank). Kamu bisa membuat buket yang dikemas dengan menggunakan uang. Soalnya, beberapa tahun ini, buket bunga uang banyak diminati oleh masyarakat, enggak hanya di Indonesia, tapi di beberapa negara lain suka sama konsep buket uang.

Enggak ada salahnya kan kalau kamu punya keahlian merangkai bunga, bisa menjalankan dua usaha sekaligus; buket bunga dan buket uang. Kamu bisa menawarkan paket buket uang mulai dari Rp500 ribu hingga jutaan rupiah, dengan menggunakan uang pecahan Rp20 ribu, Rp50 ribu, hingga Rp100 ribuan.

Baca Juga: Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan, Dijamin Bisa!

Cara Bikinnya Gampang dan Modalnya Minim

Kalau kamu mau nyoba belajar bikin buket uang, mau pakai pecahan berapapun, kamu bisa mempersiapkan bahan sebagai berikut:

  • 10 lembar pecahan uang kertas. Nominal dan jumlah menyesuatkan budget, kebutuhan, atau pesanan ya
  • 10 buah kawat atau tusuk sate untuk tangkai
  • Selotip bening dan pita
  • Plastik bening tebal untuk membungkus uang
  • Sterefoam
  • Kertas cellophane
  • Gunting dan lem
  • Bunga dan daun palsu (kalau ada)

Kalau sudah kamu persiapkan, ikuti langkah berikut ya:

  1. Bungkus uang kertas satu per satu dengan plastik
  2. Tempel setiap uang yang sudah dibungkus plastik tadi dengan tusuk sate atau kawat di bagian belakang
  3. Susun uang sebagus mungkin dengan konsep buket uang dengan cara menusukkan tangkai tusuk sate atau kawat di sterefoam. Pastikan bentuk sterefoam memanjang ke bawah agar bisa menjadi pegangan saat bunga sudah jadi
  4. Supaya tampilan buket uang makin cantik, kamu bisa menambahkan bunga palsu atau daun palsu di dalam buket
  5. Gunting kertas cellophane dan siapkan tiga lembar. Kamu bisa menyesuaikan ukuran dengan kebutuhan dan besarnya bunga
  6. Bungkus uang dengan kertas cellophane di bagian kiri, tengah, dan kanan. Kamu bisa mempermanis tampilannya dengan menggunakan lem
  7. Terakhir, ikat bagian bawah buket dengan pita agar makin ciamik
Finetiks blog mascot
Need help to stay in control of your expenses? Let's check out our free financial planning app, FINETIKS. Discover the best way to track all your expenses and savings in one place!

Subscribe to the FINETIKS newsletter now and receive notifications for every new financial inspiration!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Trending Articles