mengelola keuangan, mengatur uang, kerja sambil kuliah, manajemen uang

5 Tips Atur Keuangan Saat Kuliah Sambil Kerja

February 14, 2023
5 Tips Atur Keuangan Saat Kuliah Sambil Kerja

Biasanya, kebanyakan orang akan memilih untuk kuliah dulu sebelum terjun ke dunia kerja. Tetapi zaman sudah berubah dan makin banyak orang memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Hal ini sering terjadi di Indonesia dan negara lain seperti Australia, Amerika, dan lain-lain. Beberapa orang memilih untuk kuliah sambil bekerja karena terpaksa sedang ada masalah keuangan, sedangkan yang lain karena kampusnya menyediakan program tersebut atau karena mereka ingin uang extra untuk belanja.

Memilih untuk kuliah sambil bekerja tentu ada banyak kesulitan yang akan kamu hadapi, mulai dari mengatur jadwal hingga mengatur keuangan. Kamu tak perlu khawatir sebab ada 5 tips mengatur keuangan yang bisa kamu terapkan saat memutuskan berkuliah sambil bekerja.

kuliah sambil kerja

1. Buatlah anggaran keuangan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat kuliah sambil bekerja adalah membuat anggaran keuangan yang rinci dan perencanaan pengeluaran yang matang. Kamu perlu memperhitungkan biaya kuliah, biaya hidup, biaya hangout sama teman-teman, transportasi, makan dan minum, dan pengeluaran lainnya. Pastikan untuk memasukkan semua pengeluaran yang kamu lakukan setiap bulan dalam anggaran keuangan kamu. Hal ini akan membantu kamu melacak pengeluaran dan mencegah mengeluarkan uang lebih dari yang kamu punya.

2. Mencatat pengeluaran kamu secara teratur

Pentingnya selalu mencatat pengeluaran kamu secara teratur, karena kamu bisa memantau budget kamu dan mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu. Kamu dapat menggunakan catatan keuangan atau aplikasi pencatatan keuangan di smartphone kamu untuk mencatat pengeluaran kamu. Dengan begitu, kamu bisa mengubah kebiasaan pengeluaran dan menghemat uang.

Baca lebih lanjut: Finetiks: Aplikasi Pencatat Keuangan Terbaik di Indonesia

3. Prioritaskan kebutuhan dasar

Saat kamu berkuliah sambil bekerja, kamu perlu memprioritaskan kebutuhan dasar seperti biaya kuliah dan biaya hidup sebelum membeli barang-barang yang tidak penting. Pastikan untuk memasukkan pengeluaran yang diperlukan dalam budget keuangan kamu, seperti makanan, sewa tempat tinggal, transportasi, dan biaya kesehatan. Hal ini akan membantu kamu mengelola pengeluaran dengan lebih efektif.

4. Sisihkan Uang Untuk Menabung atau Investasi

Menabung dan investasi memiliki tujuan yang berbeda. Menabung biasanya dilakukan untuk mempersiapkan dana darurat atau membeli sesuatu di masa depan, sedangkan investasi biasanya dilakukan untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang dengan menempatkan uang pada instrumen keuangan tertentu. Pilihlah opsi yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan finansial kamu, namun sebaiknya selalu sisihkan sebagian uang untuk menabung dan/atau investasi agar dapat membangun masa depan yang lebih baik secara finansial.

5. Selalu siap untuk kejutan

"Selalu siap untuk kejutan" adalah sebuah saran yang menunjukkan bahwa saat mengatur keuangan saat kuliah sambil bekerja, kita harus siap menghadapi situasi tak terduga, seperti biaya perbaikan mobil atau perawatan kesehatan yang mendadak. Untuk menghadapi situasi ini, penting untuk memiliki dana darurat yang cukup agar kita bisa mengatasi keadaan darurat tersebut.

Kesimpulannya:

mengatur keuangan saat kuliah sambil bekerja bisa menjadi tantangan yang besar, namun dengan mengikuti 5 tips di atas, kamu dapat mengelola keuangan kamu dengan lebih baik. Dalam hal ini, konsistensi dan disiplin sangatlah penting. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi pencatatan keuangan seperti Finetiks, untuk memantau dan mengevaluasi kebiasaan pengeluaran kita setiap bulan. Yuk, download aplikasi nya sekarang!

Finetiks blog mascot
Need help to stay in control of your expenses? Let's check out our free financial planning app, FINETIKS. Discover the best way to track all your expenses and savings in one place!

Subscribe to the FINETIKS newsletter now and receive notifications for every new financial inspiration!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Trending Articles