Keuangan Ramadan

Tetap Hemat di Bulan Ramadan, Keuangan Aman Sampai Lebaran

Joselyn Gomulya
Joselyn Gomulya
March 18, 2024
Tetap Hemat di Bulan Ramadan, Keuangan Aman Sampai Lebaran

Bulan Ramadan dan Idul Fitri tentu menjadi waktu yang penuh berkah bagi teman-teman umat Muslim di seluruh dunia. Sayangnya, tidak sedikit dari kamu yang dihadapkan dengan tantangan keuangan menjelang hingga saat Lebaran.

Banyak sekali yang justru gagal berhemat selama bulan Ramadan karena belum bisa mengatur keuangan dengan baik. Oleh karena itu, kamu bisa mengikuti tips hemat di bulan Ramadan supaya keuangan tetap aman sampai di hari Lebaran nanti.

Image by tirachardz on Freepik

Mengapa Kita Perlu Mengatur Keuangan di Bulan Ramadan?

Mengatur keuangan di bulan Ramadan dan Lebaran perlu dilakukan karena memiliki dampak yang besar atau dengan kata lain memengaruhi kondisi finansial seseorang. Mungkin beberapa orang merasa bahwa di bulan puasa, pengeluaran mereka akan berkurang.

Sayangnya, lebih dari sebagian masyarakat di bulan Ramadan justru menghabiskan lebih banyak uang dari biasanya. Mereka melakukan banyak transaksi dan mengeluarkan banyak dana untuk buka bersama teman, beli baju dan perabotan rumah yang baru, hingga bahkan untuk konsumsi berupa makan saat sahur dan berbuka.

Jadi, dengan kelola finansial yang baik, kamu dapat memastikan bahwa kebutuhan dasar selama bulan puasa dan Idul Fitri terpenuhi tanpa adanya rasa khawatir akan masalah finansial.

Bukan hanya itu, budgeting yang baik akan membantu kamu memprioritaskan pengeluaran, membuat anggaran yang realistis, hingga bahkan membayar hutang dengan baik selama bulan puasa.

Lantas, gimana ya cara kita mengatur keuangan dengan bijak di bulan Ramadan ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatur Keuangan dengan Bijak di Bulan Ramadan

Menggunakan aplikasi kelola keuangan menjadi salah satu cara bijak mengatur keuangan di bulan Ramadan. Mulai dari track pengeluaran harian sampai bulanan, mengelola anggaran selama Ramadan, hingga mengetahui persentase pengeluaran dan pendapatan.

Dengan bantuan teknologi, tentu saja kamu dapat dengan mudah melihat transaksi harian, membagi anggaran sesuai dengan kategori tertentu, sampai memudahkan kamu untuk mengidentifikasi area yang perlu penghematan.

Memang, persiapan keuangan sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum bulan puasa tapi, bukan berarti kamu gak bisa melakukannya sekarang ini juga soalnya, dengan bantuan aplikasi FINETIKS, kamu bisa kok melakukan budgeting, alokasi dana, hingga bahkan set financial goals untuk Idul Fitri nanti.

Kalau kamu ingin kemudahan dalam proses budgeting dan kelola keuangan seperti menabung, berhemat, menghindari impulsive buying, punya financial goals yang ingin dicapai di bulan Idul Fitri nanti, kamu bisa langsung download aplikasi FINETIKS di Google Play dan juga App Store.

Saat Terbaik Kelola Keuangan di Bulan Ramadan

Kebanyakan ahli finansial memang menyarankan untuk mempersiapkan keuangan beberapa minggu sebelum bulan Ramadan dimulai. Selain memberikan waktu untuk merencanakan dan menyesuaikan anggaran, kamu juga dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan sehari-hari selama bulan puasa.

Tapi, kalau kamu belum sempat melakukan perencanaan dan penyesuaian budget, kamu bisa kok melakukannya sekarang. Soalnya, setelah perencanaan dan penyesuaian keuangan, kamu bisa melakukan review dan mengidentifikasi pos-pos keuangan yang perlu penghematan.

Cara Berhemat di Bulan Ramadan sampai Lebaran

Kalau tadi kamu sudah mengetahui cara mengatur keuangan dengan bijak selama Lebaran, kamu juga perlu tau cara berhemat selama Ramadan. Tentu aja, upaya ini kamu lakukan supaya keuangan tetap aman sampai Lebaran nanti.

Berikut adalah 7 cara berhemat di bulan Ramadan sampai Lebaran yang bisa kamu ikuti:

  1. Buat Rencana Keuangan Selama Ramadan

Selama Ramadan, pastikan kamu membuat dan menyesuaikan rencana keuangan seperti menyusun anggaran sesuai dengan pos (pos pengeluaran rutin, investasi, hingga dana darurat) hingga anggaran kebutuhan Ramadan seperti sahur dan berbuka.

  1. Utamakan Kebutuhan, Bukan Keinginan

Selama bulan Ramadan, kamu pasti melihat banyak diskon. Ya, untuk mengoptimalkan pengeluaran di bulan puasa, kamu bisa memanfaatkan diskon dan promo selama bulan puasa tapi ingatlah untuk pakai diskon dan promo yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

  1. Kelompokkan Pengeluaran Bulan Ramadan sampai Hari Raya Lebaran

Beda dari budgeting sebelumnya, kamu bisa membagi pengeluaran menjadi 2 yaitu pengeluaran kebutuhan pokok dan pengeluaran Hari Raya. Di kategori pengeluaran Hari Raya, kamu bisa catat hal-hal seperti baju lebaran, kue lebaran, THR, transportasi mudik, dan lain-lain.

  1. Buat Daftar Menu Berbuka dan Sahur

Cara berhemat yang ke-empat di bulan Ramadan sampai Lebaran adalah dengan membuat daftar menu berbuka dan sahur. Selain lebih hemat, kamu juga dimudahkan karena gak perlu pusing dan dihantui pertanyaan seperti “Hari ini berbuka pakai apa ya?”

  1. Belanja Lebih Awal

Kalau kamu perhatikan, beberapa harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan selama bulan puasa. Jadi cobalah untuk belanja lebih awal tapi jangan berlebih ya, kan sayang kalau kamu berbuka atau sahur dengan makanan yang sudah gak fresh.

  1. Catat Pengeluaran Harian

Cara yang gak kalah penting adalah mencatat setiap pengeluaran harian kamu. Melakukan pencatatan akan memudahkan kamu untuk memantau kemana sih uang kamu pergi?

  1. Berkomitmen dengan Rencana Awal

Ternyata bukan cuma relationships yang butuh komitmen, kelola uang pun juga perlu. Tentu saja, ‘kan jadi sia-sia kalau kamu cuma menyusun rencana tapi gak berkomitmen untuk melakukannya.

Terakhir, salah satu cara yang jarang dilakukan tapi cukup penting untuk diterapkan adalah diskusi dengan orang-orang terdekat. Maksudnya, kamu bisa mengomunikasikan kalau kamu sedang berhemat di bulan Ramadan untuk mencegah adanya konflik dengan keluarga, kerabat, ataupun teman.

Butuh tips tambahan supaya bisa tetap hemat di bulan Ramadan dan keuanganmu aman sampai Lebaran nanti? Nih, simak ekstra tips dari FINETIKS!

Ekstra Tips untuk Keuangan di Bulan Ramadan

Berikut adalah 5 tips keuangan di bulan Ramadan yang bisa membantu kamu berhemat. Sederhana dan mudah dilakukan, yuk terapkan 5 tips di bawah ini!

  1. Selalu prioritaskan pengeluaran yang dibutuhkan 
  2. Rencanakan keuangan jangka panjang dan pendek
  3. Cerdas dalam memanfaatkan promo dan diskon selama bulan Ramadan
  4. Lakukan evaluasi rutin terhadap kebiasaan belanja kamu
  5. Kurangi belanja atau transaksi yang bukan kebutuhan

Mengatur keuangan selama bulan Ramadan dan Lebaran bukanlah hal yang mudah, tapi dengan disiplin dan perencanaan yang baik, kamu pasti akan merasakan kemudahan dan ketenangan finansial.

Selalu mengutamakan kebutuhan ,libatkan seluruh anggota keluarga dalam perencanaan keuangan, dan pilihlah strategi keuangan yang tepat untuk diterapkan. Jangan lupa share artikel ini ke teman, kerabat, dan juga keluarga kamu ya!

Finetiks blog mascot
Butuh bantuan untuk tetap mengontrol pengeluaran Anda? Yuk, periksa aplikasi perencana keuangan gratis kami, FINETIKS. Temukan cara terbaik untuk melacak semua pengeluaran dan tabungan Anda di satu tempat saja!

Langganan newsletter FINETIKS sekarang dan dapatkan notifikasi untuk setiap inspirasi baru tentang keuangan!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Artikel Terkini