Perempuan melek finansial

Perempuan Melek Finansial: Ciri Khas Kartini Masa Kini

Joselyn Gomulya
Joselyn Gomulya
April 22, 2024
Perempuan Melek Finansial: Ciri Khas Kartini Masa Kini

Kamu pasti gak asing sama Raden Ajeng Kartini, perempuan hebat yang berperan besar dalam memajukan dan memberdayakan wanita Indonesia. Sosoknya yang inspiratif berhasil mendorong banyak wanita meraih cita-citanya termasuk dalam hal finansial.

Kalau ngomongin soal Kartini, pasti gak akan lepas dari sosok perempuan masa kini yang cerdas dan bisa multitasking. Berkarya sambil mengurus rumah tangga sampai bekerja sambil membesarkan anak sudah jadi ciri khas wanita modern masa kini ya, FinTERZ.

Sayangnya meskipun banyak perempuan yang berhasil memberdayakan diri dengan karya dan langkah nyata, tingkat literasi finansial perempuan ternyata masih rendah ‘lho. Makanya sebagai Kartini modern, kita harus melek finansial dan jago atur keuangan.

3 wanita melek finansial menerima penghargaan apresiasi

Kenapa Kartini Modern Harus Melek Finansial?

Kartini modern harus melek finansial dan pintar mengatur keuangan supaya finansial lebih terarah dan uang yang dipegang gak pergi begitu saja. Paham finansial, menghindari kita dari penipuan pinjaman online (pinjol) sampai investasi ‘bodong’.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, MinETIKS mengundang seluruh perempuan Indonesia untuk ikut merayakan Hari Kartini dengan bergabung di acara #KartiniDay: Kejar Impian dengan Mandiri Finansial. Kamu bisa langsung mengunjungi Instagram FINETIKS atau klik disini.

MinETIKS juga berhasil ngumpulin beberapa pendapat tim FINETIKS tentang ‘kenapa perempuan masa kini harus melek finansial, terutama kalau kita lihat perempuan sebagai sosok Kartini modern’ dan ini dia kumpulan jawaban dari tim FINETIKS:

“Kalau lihat sekarang, zaman sudah berubah, termasuk pandangan perempuan harus jadi ibu rumah tangga harus diganti. Perempuan juga bisa berkarir dan memiliki power dalam finansial keluarga” Giovan Cipta

“Perempuan masa kini bisa membongkar stereotip dan standard sosial ‘lho. Melek finansial bisa bikin perempuan lebih percaya diri dan punya lebih banyak kebebasan.

Sebagai Kartini modern, kita bertanggung jawab atas diri kita sendiri, bukan orang lain” Angela Jonan

“Kalau kita sebagai perempuan paham keuangan, bukan hanya kualitas hidup yang meningkat tapi juga membawa manfaat baik untuk keluarga. Kita juga bisa jadi financial teacher untuk generasi berikutnya” Paula Kristi

“Melek finansial atau financial responsibility itu milik individu. Jadi setiap individu harus bisa financially sustain dirinya sendiri tanpa melihat dan gak bergantung pada gender tertentu.” Deti Latifah

Salah satu tim FINETIKS, Annisa Ayu, juga memberikan pendapat yang gak kalah menarik, “perempuan melek finansial bukan semata memperkaya diri sendiri tapi juga bermanfaat untuk perempuan lainnya dan masyarakat”

Annisa berpendapat kalau melek finansial membuka lebih banyak pilihan dalam menjalani hidup, termasuk membuat keputusan yang tepat, merencanakan masa depan pribadi dan keluarga, bahkan bisa melindungi diri dari ‘eksploitasi’ finansial.

Melek finansial tentu akan memudahkan berbagai aspek kehidupan perempuan. Setidaknya ada empat manfaat yang akan kamu rasakan ketika kamu, sebagai wanita modern, paham finansial.

4 Manfaat Kartini Modern Melek Finansial

Sebagai perempuan modern, ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika kamu lebih memahami keuangan dan finansial. Mulai dari mengembangkan diri sampai menambah kekayaan, inilah manfaat-manfaatnya:

  1. Memaksimalkan Pengembangan Diri

Pengetahuan dan kecerdasan finansial yang cukup akan membantumu dalam mengelola dan menjaga kondisi keuangan tetap stabil.

  1. Memudahkan Pengambilan Keputusan

Sejalan sama pendapat Annisa, setelah kita dibekali informasi finansial yang cukup,  kita gak lagi pusing dan bingung saat dituntut untuk membuat keputusan finansial. Paham bagaimana finansial bekerja akan membantu kamu memilih strategi dan membuat keputusan yang tepat.

  1. Menurunkan Tingkat Risiko Masalah Finansial

Saat kamu paham akan potensi risiko finansial yang kamu miliki, kamu bisa mencegah risiko ataupun bertanggung jawab atas risiko dari keputusan yang kamu buat.

  1. Menambah Kekayaan Finansial

Bekal pengetahuan dan wawasan finansial membantu kamu memilih produk investasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Kamu bisa menerima imbal hasil yang bisa meningkatkan kesejahteraan kamu.

Mau ngerasain empat manfaat di atas dan jadi Kartini modern yang melek finansial? Kamu bisa ikuti tips di bawah ini!

Tips Raih Kebebasan Finansial: Jadi Kartini Masa Kini yang Melek Finansial

Jadi Kartini modern yang melek finansial itu gak susah kok, kamu bisa mulai dengan disiplin dalam melakukan beberapa tips berikut:

  1. Menyisihkan Uang

Sisihkan uang untuk hal yang gak terduga seperti kesehatan, kendaraan, ataupun pergantian kerja. Tabung uang untuk dana darurat minimal setara dengan 3-6 bulan gaji yang kamu terima.

  1. Memiliki Penghasilan Tambahan

Supaya finansial tetap stabil, perbanyak sumber pendapatan kamu. Punya banyak income, terutama passive income, akan membantu perempuan terbebas dari masalah finansial.

  1. Selalu Up-Date Wawasan Finansial

Perluas pengetahuan finansial kamu dengan rutin membaca blog artikel dari FINETIKS. Oh ya, kamu sudah tahu belum kebiasaan wanita cerdas dan mandiri finansial? Baca disini untuk tahu 7 kebiasaan mereka!

Terakhir, kamu bisa meraih kebebasan finansial dan jadi Kartini masa kini dengan merencanakan dana pensiun dari sekarang dan memprioritaskan asuransi jiwa maupun kesehatan.

Supaya kamu terus termotivasi, yuk, coba kita intip sosok Kartini modern masa kini. Dari cerdas akademik sampai berkarya di perusahaan Elon Musk, pastikan kamu baca sampai akhir ya!

Sosok Inspiratif Kartini Modern di Masa Kini

Sadar atau enggak, banyak wanita Indonesia yang berhasil menjadi sosok Kartini modern. Berikut adalah beberapa tokoh Kartini modern yang bisa kamu contoh agar kamu terus termotivasi:

  1. Felicia Putri Tjiasaka

Sering lihat konten Felicia Putri seliweran di akun media sosial kamu? Yup, Felicia Putri Tjiasaka adalah konten kreator muda yang cerdas dalam finansial terutama soal investasi.

Fun fact buat FinTERZ, Felicia mendapatkan penghargaan sebagai runner up di ajang DSB Asian Conference-Young Economist Stand Up 2015. Saat itu usia Felicia sekitar 20 tahun, muda, cerdas, dan berprestasi ya.

  1. Cinta Laura

Sempat terjun ke dunia entertainment sampai akhirnya berhasil menggemparkan media dengan prestasi akademis dan jiwa sosialnya yang tinggi, Cinta Laura adalah salah satu publik figur yang hidup sederhana.

Kalau soal belanja dan finansial, Cinta Laura lebih mementingkan kualitas dan kenyamanan daripada sekedar ngikutin trend. MinETIKS juga harus belajar nih sama sosok Kartini modern Cinta Laura.

  1. Moorissa Tjokro

FinTERZ pasti tahu mobil Tesla ‘kan? Di tahun 2001, perusahaan Elon Musk meluncurkan fitur full self driving beta version.

Nah, dalam mengerjakan proyek ini, Tesla punya enam Autopilot Software Engineer dimana Moorissa jadi satu-satunya perempuan di tim itu. Hebatnya lagi, Moorissa sebagai Data Scientist ternyata juga ngurusin perangkat lunak mobil. Keren banget ya!

Masih banyak sosok Kartini modern masa kini dengan kisah inspiratif lainnya. Jangan lupa download aplikasi FINETIKS di Google Play atau App Store sekarang supaya #JadiFinter atur keuangan dan melek finansial kayak sosok inspiratif di atas!

Finetiks blog mascot
Butuh bantuan untuk tetap mengontrol pengeluaran Anda? Yuk, periksa aplikasi perencana keuangan gratis kami, FINETIKS. Temukan cara terbaik untuk melacak semua pengeluaran dan tabungan Anda di satu tempat saja!

Langganan newsletter FINETIKS sekarang dan dapatkan notifikasi untuk setiap inspirasi baru tentang keuangan!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Artikel Terkini