Hemat listrik

10 Cara Hemat Listrik: Tagihan Bulan Ini Gak Bakal Tinggi!

Joselyn Gomulya
Joselyn Gomulya
June 13, 2024
10 Cara Hemat Listrik: Tagihan Bulan Ini Gak Bakal Tinggi!

Lho kok tagihan listrik masih tinggi ya? Perasaan tiap siang lampu sudah dimatikan.. Jangan-jangan listrik rumah dicuri tetangga?!

Bingung kenapa tagihan listrik membengkak padahal enggak banyak menggunakan alat elektronik? Tenang Moms, boros listrik enggak melulu karena dicuri tetangga. Ada kebiasaan yang ternyata menghambat kita dalam menghemat listrik.

Sadar enggak sadar, MinETIKS ternyata juga punya beberapa kebiasaannya loh. Mulai dari pengaturan AC yang kurang tepat sampai salah memilih alat elektronik, pastikan kamu mengetahui kebiasaan yang menyebabkan tagihan listrik tinggi dan cara terbaik untuk hemat listrik FinTERZ!

Apa Itu Kebiasaan Hemat Listrik?

Kebiasaan hemat listrik adalah sikap menggunakan energi listrik secara efisien sesuai kebutuhan dan tidak membuang listrik secara percuma. Kebiasaan hemat listrik tentu akan menurunkan pengeluaran rumah tangga.

Selain bebas dari pusing karena tagihan listrik enggak melonjak tinggi, sisa uang untuk membayar tagihan listrik bisa kamu simpan ataupun manfaatkan untuk kebutuhan lain seperti belanja bulanan. Tapi apakah kita sebetulnya benar-benar masuk dalam kategori boros?

Contoh Aktivitas Boros Listrik, Bikin Tagihan Listrik Membengkak

Beberapa orang merasa hemat listrik dapat mengurangi kenyamanan dan kesenangan tapi, pertanyaannya “Apakah kita masuk dalam kategori boros dan perlu menghemat listrik?” Mudah saja FinTERZ, kamu bisa membandingkan biaya tagihan listrik dengan alat elektronik yang kamu gunakan dan lihat pergerakan tagihan tiap bulannya.

Apabila kamu sebelumnya jarang mencatat pengeluaran tagihan listrik, mulailah catat dan pantau biaya tagihan dengan aplikasi kelola keuangan pribadi FINETIKS. Kamu bisa menentukan budget tagihan bulanan sampai mengalokasikan dana keinginan belanja kamu.

Menurut MinETIKS, hemat listrik bisa dilakukan secara bertahap supaya kita enggak mengorbankan kenyamanan dan kesenangan. Misalnya dengan membuat jadwal khusus hemat listrik AC setiap 2 hari sekali.

Kamu bisa menghidupkan AC selama 1-2 jam di siang hari dan mulai beralih menggunakan kipas angin secara perlahan sesuai dengan jadwal khusus yang telah kamu buat. Selain mencoba untuk mengubah kebiasaan menjadi lebih hemat, perhatikan juga kebiasaan boros listrik yang bisa memicu tingginya tagihan listrik:

  1. Membiarkan lampu terus menyala di siang hari
  2. Tuntutan kerja ataupun akademik seperti work from home, online school, online course
  3. Sering lupa mencabut charger smartphone
  4. Kurang tepat dalam memilih alat elektronik
  5. Kebiasaan buka tutup kulkas
  6. Membiarkan TV terus menyala
  7. Memasukan makanan yang masih panas ke kulkas
  8. Kondisi listrik yang tidak stabil

Selain hal-hal di atas, pastikan rumah tidak dalam keadaan kosong dalam waktu yang lama dan bayarlah tagihan listrik tepat waktu. Jika sering lupa, kamu bisa mengatur pengingat tagihan bulanan di aplikasi manajemen keuangan FINETIKS secara gratis melalui Google Play ataupun App Store.

Keuntungan dari Kebiasaan Hemat Listrik

Saat kita berhasil hidup hemat terutama dalam menggunakan listrik, tentu saja tagihan PLN akan lebih ringan tapi apakah hemat listrik hanya berdampak pada keuangan saja? Tentu saja lebih dari itu, FinTERZ.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan kamu rasakan jika kamu hemat listrik:

  1. Menghindari kerusakan barang elektronik
  2. Mencegah kerusakan listrik
  3. Barang dan alat elektronik jadi lebih awet dan tahan lama
  4. Membangun disiplin terutama jika diajarkan pada anak
  5. Hidup lebih seimbang karena tidak menghabiskan banyak waktu di depan TV ataupun smartphone

Membangun kebiasaan hemat listrik membantu kamu menjadi lebih disiplin apalagi jika kamu mulai mengajarkan kebiasaan ini pada anak. Anak tidak hanya belajar menabung tapi juga bebas dari gaya hidup boros.

Wanita mengambil pakaian dari mesin cuci
Image by freepik

Cara Menghemat Listrik dan Menurunkan Tagihan Bulanan

Apabila tagihan listrik membengkak dan kamu ingin menghemat agar tidak boros kamu bisa menyesuaikan kapasitas peralatan elektronik dengan fungsi dan kegunaannya. Pertimbangkan juga untuk membeli barang elektronik yang hemat energi termasuk hal-hal lain seperti:

  1. Sambungkan Daya Listrik Sesuai Kebutuhan

Coba deh perhatikan daya listrik rumah kamu, sudah sesuai belum? Rumah tangga kecil biasanya hanya membutuhkan listrik sekitar 450VA dan 900VA sedangkan rumah tangga sedang biasanya menyambungkan daya listrik sebesar 900VA sampai 1300VA.

  1. Hindari Menggunakan Listrik Bersamaan

Terbiasa multitasking? Eitss.. tunggu dulu FinTERZ, kamu mungkin terbiasa melakukan banyak hal sekaligus tapi enggak berlaku untuk listrik. Hindari menyalakan listrik secara bersamaan seperti AC, TV, hairdryer, atau bahkan microwave.

  1. Cabut Aliran Listrik Termasuk Charger Handphone!

Hayoo, siapa disini yang sering membiarkan charger handphone tetap terhubung ke stop kontak? Ternyata ini juga jadi homework buat MinETIKS yang sering lupa cabut steker entah itu handphone, printer, ataupun dispenser.

Membiarkan kabel listrik dalam keadaan terhubung ke stop kontak ternyata tetap mengalirkan arus listrik loh FinTERZ. Mulai sekarang kita sama-sama stop kebiasaan ini supaya tagihan listrik lebih hemat ya!

  1. Pertimbangkan Lampu LED

Biarpun lampu LED lebih mahal daripada lampu biasa, lampu LED ternyata bisa hemat hingga 90% daripada menggunakan lampu biasa. Selain lebih terang dan tahan lama, lampu LED jadi salah satu cara efektif untuk menghemat listrik.

Pesan khusus dari MinETIKS buat FinTERZ, perhatikan tata cahaya tiap ruangan ya. Beberapa ruangan seperti ruang belajar mungkin membutuhkan cahaya yang lebih tinggi dibandingkan kamar tidur.

  1. Sesuaikan Peralatan Elektronik Hemat Daya

Pilihlah peralatan elektronik hemat daya seperti AC, kulkas dan mesin cuci sesuai dengan kapasitas rumah tangga. Pertimbangkan jumlah dan pilih perabotan dengan watt kecil seperti TV LED yang membantu kamu lebih hemat hingga 50%.

  1. Matikan Alat Elektronik yang Gak Dipakai

Cukup ampuh untuk menekan biaya tagihan listrik, pastikan kamu mematikan alat elektronik saat sudah tidak di pakai. Ingat FinTERZ, jangan sampai kebalik ya, kamu harus nonton TV dan bukan TV yang nonton kamu ketiduran!

  1. Matikan Lampu di Siang dan Malam Hari

Pakai lampu seperlunya, matikan di siang hari dan manfaatkan sinar atau cahaya matahari yang masuk. Membuka jendela dan pintu tidak hanya menerangi rumah tapi juga meningkatkan sirkulasi udara jadi lebih sejuk.

Kalau sudah malam, pastikan semua alat elektronik dalam keadaan mati. Untuk menekan tagihan listrik, kamu juga bisa mematikan beberapa lampu utama di rumah.

  1. Memasang Kulkas dan AC di Suhu yang Tepat

Mau hidup lebih hemat dan menurunkan tagihan listrik? Pastikan kamu memasang suhu kulkas dan AC yang tepat. Kamu bisa mengatur suhu AC 24-28 derajat dan menaikan secara bertahap apabila ruangan terlalu dingin.

Sebagai tambahan, hindari kebiasaan hidup-matikan AC karena bisa menarik daya listrik lebih banyak.

  1. Sesuaikan Makanan dengan Kapasitas Kulkas

Suhu kulkas yang terlalu rendah dan dingin memang bisa menyebabkan kulkas bekerja lebih berat tapi tahukah FinTERZ, kalau ternyata kulkas yang terlalu penuh ataupun kosong juga berdampak pada kinerja kulkas.

Kalau mau hemat listrik, hindari memasukkan makanan yang masih panas ke kulkas karena dapat memicu konsumsi daya listrik yang tinggi.

  1. Kurangi Penggunaan Microwave

Menggunakan microwave untuk memanaskan makanan memang jauh lebih simpel dan praktis. Kalau kamu ingin menurunkan tagihan listrik secara signifikan, kukuslah makanan karena microwave memiliki daya 85-2000 watt.

Selain sepuluh cara menghemat listrik dan menurunkan tagihan bulanan di atas, kamu juga bisa mengurangi penggunaan pompa listrik dan memanfaatkan tandon air, mengganti keran yang bocor, mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari sampai menggunakan setrika dengan pengatur panas otomatis.

Jangan lupa ajak keluargamu untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat sekarang! Butuh tips dan cara mengatasi hidup boros supaya enggak terlilit hutang? Baca caranya disini.

Finetiks blog mascot
Butuh bantuan untuk tetap mengontrol pengeluaran Anda? Yuk, periksa aplikasi perencana keuangan gratis kami, FINETIKS. Temukan cara terbaik untuk melacak semua pengeluaran dan tabungan Anda di satu tempat saja!

Langganan newsletter FINETIKS sekarang dan dapatkan notifikasi untuk setiap inspirasi baru tentang keuangan!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Artikel Terkini