Fresh Graduate

7 Tips Efisien untuk Menyimpan Uang bagi Kamu yang Baru Lulus dan Memulai Karir

Bani Arya
Bani Arya
April 12, 2024
7 Tips Efisien untuk Menyimpan Uang bagi Kamu yang Baru Lulus dan Memulai Karir

Sebentar lagi bulan-bulannya Wisuda nih Finterz. Buat kamu yang baru lulus dan memasuki dunia kerja, selamat ya atas pencapaianmu! Eits, tapi itu semua baru permulaan loh. Sekarang dengan kamu udah punya penghasilanmu sendiri, apalagi yang baru banget ngerasain gaji pertama. Penting banget untuk memahami cara mengatur keuangan yang baik dan juga bijak ya. Ingat nih, gaji pertama itu bisa menjadi awal yang baik untuk merencanakan keuanganmu ke depan. Pasti maukan mimpi dan impiannya bisa tercapai di usia muda.

Frugal living mungkin sudah menjadi istilah kamu sering denger, terutama nih buat yang ada di kalangan milenial dan Gen Z. Frugal living bukan hanya tentang menahan diri dari pengeluaran besar, tetapi juga tentang bagaimana mengelola uang dengan bijaksana sehingga bisa hidup hemat namun tetap bahagia. Jangan sampai ya kita ngirit-ngirit pelit tapi malah berasa hidup sulit.

Finetiks kali ini akan kasih kamu #Finetips 7 cara berhemat yang bisa kamu terapkan sebagai pekerja pemula atau first jobber nih.:

1. Buat Anggaran Bulanan: Rencanakan pengeluaranmu dengan membuat anggaran bulanan yang mencakup penghasilan dan biaya rutin seperti makan transportasi dsbnya. Dan jangan lupa ya alokasikan dana untuk tabungan.

2. Kurangi Makan di Luar: Selalu inget kata-kata ini ya "Memasak di rumah lebih murah daripada makan di luar". Rencanakan menu, beli bahan makanan secara cerdas, dan kalau bisa sih hindari makanan cepat saji.

3. Manfaatkan Promo dan Diskon: Manfaatkan promo dan diskon untuk belanja kebutuhan sehari-hari, inget ya kebutuhan sehari-hari. Tetapi hindari membeli barang yang tidak diperlukan hanya karena diskon apalagi tergiur sama diskon dari live shopping ya!

4. Hemat Listrik dan Air: Matikan lampu dan perangkat elektronik saat tidak digunakan, serta pergunakan air dengan bijak untuk menghemat biaya utilitas.

5. Gunakan Transportasi Umum atau Berkendara Bersama: Gunakan transportasi umum atau berbagi kendaraan untuk mengurangi biaya bahan bakar dan perawatan kendaraan pribadi.

6. Prioritaskan Kebutuhan: Utamakan kebutuhan daripada keinginan. Pikirkan ulang sebelum membeli barang-barang mahal atau tidak terencana.

7. Buat Target Tabungan: Tetapkan tujuan tabungan jangka pendek dan jangka panjang, serta alokasikan sebagian penghasilanmu untuk mencapainya.

Nah itu semua #Finetips kali ini yang bisa diterapin buat teman-teman Finetiks terutama yang baru lulus kuliah dan memulai karirnya. Dan tips ini tentu saja bisa dilakukan yang gajinya masih UMR, jadi jangan berkecil hati ya. Semoga dengan #Finetips kali ini temen-temen Finetiks bisa #JadiFinter untuk atur uang ya! Sudah siap memulai perjalanan finansialmu dengan baik?

Finetiks blog mascot
Butuh bantuan untuk tetap mengontrol pengeluaran Anda? Yuk, periksa aplikasi perencana keuangan gratis kami, FINETIKS. Temukan cara terbaik untuk melacak semua pengeluaran dan tabungan Anda di satu tempat saja!

Langganan newsletter FINETIKS sekarang dan dapatkan notifikasi untuk setiap inspirasi baru tentang keuangan!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Artikel Terkini