BPS adalah

Kamu Males Baca Statistik? Solusi dari BPS Adalah Ketemu Sama Desa Cantik

November 28, 2023
Kamu Males Baca Statistik? Solusi dari BPS Adalah Ketemu Sama Desa Cantik

Salah satu program unik BPS adalah Desa Cantik. Apakah ada hubungannya sama kembang desa? Simak yuk!

Pernah dengar istilah kembang desa? Itu artinya ada gadis yang diakui warga tercantik di desa tersebut. Nah, kalau kembang desa dari BPS lain lagi. Nama istilah dari BPS adalah Desa Cantik. Tunggu dulu, Desa Cantik yang dimaksud BPS adalah program peningkatan kompetensi aparat desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data.

Jadi, BPS Adalah Program Desa Cantik, Apa Tujuannya?

Desa Cantik sendiri adalah singkatan dari Desa Cinta Statistik (Cantik). Jadi, program si Cantik dari Badan Pusat Statistik (BPS) awalnya adalah dari Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Di sana ada Program Pembinaan Desa Cantik pada 20 desa di 10 kabupaten/ kota.

Gimana cara kerjanya? Kalau merujuk situs diskominfo kaltimprov, program desa cantik dari BPS adalah dengan membentuk komunitas statistik desa, sehingga perencanaan pembangunan lebih tepat sasaran karena semuanya berdasarkan data dan fakta yang memang terjadi di desa tersebut. Lebih akurat kan?

Dari Mana Ide Awalnya?

Ide awal desa cantik yang dijalankan oleh BPS adalah keinginan mewujudkan pembangunan Indonesia secara adil dan merata. Hal ini juga ditegaskan sama Presiden Joko Widodo saat peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92, 28 Oktober 2020, kok! Presiden ingin menguatkan kalau pembangunan Indonesia harus dari pinggiran, baik dari desa, pulau terdepan hingga perbatasan.

Dari situlah, desa cantik menjadi program percepatan yang tujuannya meningkatkan kapasitas desa untuk memenuhi kebutuhan data dan potensi apa yang bisa berkembang di desa tersebut, terutama untuk mengentaskan kemiskinan. Program ini juga diatur dalam Undang-Undang dan Peraturan Presiden, lho.

  • UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik serta sebagai pembina data statistik dalam penyelenggaraan Satu Data Indonesia
  • Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia

Ada Desa yang Terpilih Menjadi Desa Cantik, Kok Bisa?

Sebenarnya, program pembinaan Desa Cantik sudah berjalan sejak 2021. Saat itu, sudah ada 100 desa utama dan 177 desa tambahan dari program ini. Banyak juga kan! Angka tersebut meningkat pada 2022 yang jumlahnya menjadi 508 sampel desa utama dan 539 sampel desa tambahan yang tersebar di 514 kabupaten dan kota.

Apa saja kriteria BPS sehingga bisa terpilih menjadi bagian program yang namanya adalah desa Cantik? 

  • Ada perhitungan Indeks Desa (ID) tahun 2021 dengan kategori status ID tertinggi di masing-masing kabupaten/kota.
  • Tingkat pendidikan kepala desa/aparat desa
  • Keberadaan komputer atau internet di kantor desa
  • Ada potensi wisata ataupun produk unggulan di wilayah desa tersebut
Baca Juga: Bingung Habis Lulus SMA Kerja Apa? Ya, Jawabannya Jadi Simitra BPS

Enggak hanya itu, ada juga beberapa langkah nyata yang telah dilakukan oleh desa dalam rangka mengimplementasikan pembinaan Desa Cantik.

  • Desa tersebut sudah melakukan pembentukan tim kerja dan menyusun rencana kerja
  • Pernah mensosialisasikan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti Bupati dan Camat di desa tersebut untuk meningkatkan literasi, kesadaran, dan peran aktif dalam penyelenggaraan kegiatan statistik, dan
  • Pernah juga berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk mengoptimalkan penggunaan dan pemanfaatan data statistik, sehingga program pembangunan di desa dapat berjalan tepat sasaran

Kalau itu semua sudah berjalan, selanjutnya BPS melakukan pendekatan kepada desa-desa terpilih untuk membentuk agen-agen statistik pada level desa. Salah satunya dengan melakukan identifikasi kebutuhan data dalam program prioritas yang akan dilakukan oleh desa. Harapannya bisa menumbuhkan kesadaran pentingnya data statistik, tetapi harus diiringi juga dengan manajemen data yang rapi, mudah dipahami, dan tepat untuk penggunaan dana desa yang efektif dan efisien.

Untuk mewujudkan itu semua, harus ada dukungan dan kontribusi dari berbagai pihak, terutama dari Pemerintah Daerah, perangkat desa, hingga masyarakat terutama para generasi muda desa yang bisa membuat data menjadi menarik untuk dibaca! Seru ya, guys!

Finetiks blog mascot
Need help to stay in control of your expenses? Let's check out our free financial planning app, FINETIKS. Discover the best way to track all your expenses and savings in one place!

Subscribe to the FINETIKS newsletter now and receive notifications for every new financial inspiration!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Trending Articles