Frugal living Pelit Tips frugal living Anak muda Jakarta Gaya hidup hemat Mengelola keuangan bijak Tujuan finansial

Frugal living atau pelit sama diri sendiri? ini tips mulai frugal living untuk anak muda Jakarta!

August 23, 2023
Frugal living atau pelit sama diri sendiri? ini tips mulai frugal living untuk anak muda Jakarta!

Konsep frugal living lagi naik daun nih di kalangan keluarga muda dan generasi sandwich.

Ibukota Indonesia, Jakarta, adalah pusat segala aktivitas dan peluang, namun juga dikenal sebagai salah satu kota dengan biaya hidup tertinggi di Indonesia. Bagaimana ya caranya hidup dengan nyaman tanpa mengorbankan kualitas hidup? 

1. Buat Anggaran

Hitung penghasilanmu dan alokasikan dana untuk berbagai kategori. Memiliki anggaran yang jelas tentu akan membantumu menghindari pengeluaran yang tak perlu.

2. Memanfaatkan Transportasi Umum

Sudah ada fasilitasnya nih, tinggal dipakai saja. Coba gunakan transportasi umum, seperti kereta, dan bus untuk menghemat biaya bahan bakar, parkir, dan perawatan kendaraan.

3. Belanja Cerdas

Biasakan cari diskon, promo, atau tawaran khusus sebelum berbelanja kebutuhan. Hindari godaan membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan hanya karena diskon besar-besaran.

4. Kurangi Berlangganan yang Nggak Penting

Periksa langganan bulanan yang kamu miliki, seperti streaming musik, film, atau layanan keanggotaan. Pertimbangin lagi deh untuk memotong langganan yang tidak terlalu kamu manfaatkan.

5. Banyak Edukasi Finansial

Teruslah belajar tentang keuangan pribadi. Pelajari tentang investasi, manajemen utang, dan strategi pengelolaan risiko. Pengetahuan finansial yang baik akan membantumu membuat keputusan yang lebih bijak dalam mengelola uangmu

Hidup hemat di Jakarta tidak berarti harus mengorbankan kualitas hidup. Dengan pengelolaan keuangan yang bijak dan perubahan kecil dalam gaya hidup, kamu pasti bisa menikmati segala hal yang ditawarkan kota ini tanpa merasa terbebani oleh biaya hidup yang tinggi. 

Tenang aja FINTERZ, setiap langkah kecil menuju frugal living akan memberikan dampak positif pada kesehatan finansial di jangka panjang.

Finetiks blog mascot
Need help to stay in control of your expenses? Let's check out our free financial planning app, FINETIKS. Discover the best way to track all your expenses and savings in one place!

Subscribe to the FINETIKS newsletter now and receive notifications for every new financial inspiration!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Trending Articles