sobat bps

Capek Jadi Pengangguran? Yuk, Coba Ikutan Jadi Sobat BPS

November 24, 2023
Capek Jadi Pengangguran? Yuk, Coba Ikutan Jadi Sobat BPS

Bosen dengan kata-kata seperti "Berita, data, fakta?" Eits, BPS punya jurus jitu buat kamu yang anti sama data sekaligus membuka lapangan kerja.

Menjamurnya hoaks di era AI sekarang ini, kayaknya sudah cukup bikin kaum muda alergi sama berita dan data, apalagi data survei bikinan pemerintah, bener gak? Nah, supaya generasi muda seperti kalian para milenial dan gen Z enggak anti sama data, terutama sama data milik negara, BPS (Badan Pusat Statistik) punya aplikasi bernama Sobat BPS. Terus, apa fungsi Sobat BPS, perbedaan sama data lainnya, dan pengaruhnya buat generasi muda?

Tujuan Dibuatnya Sobat BPS

Menurut penjelasan dari situs sobat BPS, aplikasi Sobat BPS atau Sensus/ Survei Officer BPS adalah aplikasi yang dikembangkan untuk mempermudah pengelolaan sumber daya manusia dalam pelaksanaan sensus dan survei BPS.

Lebih jelasnya, ada dua fungsi Sobat BPS yang diharapkan bisa berjalan:

  • Membantu masyarakat, seperti mitra dan calon mitra kegiatan survei/sensus di BPS dapat lebih mudah berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan survei/sensus di BPS
  • Pengelolaan data mitra kegiatan survei/sensus menjadi lebih mudah dan terintegrasi
Baca Juga: Budayakan menabung sejak dini, semuda apa sih harus mulai nabung?

Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Buat kamu yang lagi nganggur alias enggak ada kerjaan, Sobat BPS bisa jadi alternatif lapangan pekerjaan yang menarik, lho. Kok bisa? Ternyata, BPS itu membutuhkan tenaga-tenaga muda buat berkontribusi langsung untuk melakukan data survei dan sensus. Pekerjaan ini cocok banget buat kamu yang menyukai pekerjaan lapangan yang menantang, seru, dan ketemu sama banyak orang.

Selain mendapatkan pengalaman baru, menjadi bagian dari Sobat BPS bisa juga membuka peluang dan kesempatan kamu menjalin relasi dan membuka networking dengan masyarakat dari berbagai kalangan, lho. Jadi seperti menyelam sambil minum air. Seru, kan?

Cara Daftar dan Gabung Sobat BPS

Buat kamu yang ingin mendaftarkan diri dan membuat akun Sobat BPS, langkahnya cukup mudah kok. Kamu bisa melakukannya secara online dan mengikuti tahapan berikut ini:

  • Unduh aplikasi Sobat BPS di PlayStore
  • Kamu bisa juga dilakukan akses melalui link resmi mitra BPS di sini
  • Pada halaman utama/ beranda, klik tombol “Registrasi Sekarang”
  • Setelah muncul halaman registrasi, isikan data yang diperlukan pada kotak yang tersedia
  • Data yang perlu kamu isi pada saat registrasi terdiri dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat email, serta username dan password yang diinginkan
  • Klik tombol “Register” setelah semua data terisi dengan benar.
  • Periksa email sesuai dengan alamat yang telah didaftarkan dan buka email yag berjudul “[BPS - Rekruitmen Mitra] Email Verifikasi”.
  • Klik tombol Aktivasi yang ada pada email.

Gimana? Gampang kan cara daftarnya? Sudah saatnya generasi muda yang ambil alih soal pendataan ini ya! Selain bikin kamu bisa yakin dan puas dengan pemaparan data dari BPS, kamu juga bisa menjadi bagian dari gerakan “membela kebenaran”!

Finetiks blog mascot
Need help to stay in control of your expenses? Let's check out our free financial planning app, FINETIKS. Discover the best way to track all your expenses and savings in one place!

Subscribe to the FINETIKS newsletter now and receive notifications for every new financial inspiration!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Trending Articles