Apa itu Financial Planning?

January 31, 2023
Apa itu Financial Planning?

Financial Planning adalah proses melihat keadaan keuangan kamu saat ini dan membuat rancangan yang membantu untuk mencapai tujuan tersebut. Proses ini harus mencakup perincian tentang arus kas, tabungan, hutang, investasi, asuransi, dan elemen lain dari kehidupan finansial. Siapa pun dapat terlibat dalam Financial plan, tidak hanya untuk orang kaya. Kamu bisa mulai merencanakan tujuan keuangan sendiri atau memilih untuk bekerja dengan seseorang profesional untuk membantu mewujudkan tujuan tersebut.

Financial Planning dalam 5 Langkah

Financial plan akan membantu mendukung kamu sepanjang perjalanan keuangan; oleh karena itu, buat sebuah financial plan dengan 5 langkah mudah ini:

1.Tentukan Tujuan Finansial 

Dengan mengidentifikasi tujuan keuangan, kamu akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang apa yang perlu dicapai. Sebagai permulaan, kamu bisa bertanya pada diri sendiri: Apa yang saya inginkan dalam hidup saya dalam 5 tahun? Apakah saya ingin membeli mobil sendiri, atau rumah? Apakah akan mempunyai anak? Sasaran tersebut harus realistis dan dapat ditindaklanjuti serta mencakup kapan kamu harus mencapainya.

2. Membuat Budget

Menetapkan budget akan membantu mengidentifikasi kemana saja uang kamu dipakai  setiap bulan, atau mungkin kamu setelah belanja secara berlebihan untuk barang-barang yang tidak perlu. Hal ini memberi kesempatan untuk mengurangi dan mengalokasikan uang itu ke tempat lain. FINETIKS merekomendasikan aturan 50/30/20. Kamu harus menyisihkan 50% dari gaji kamu untuk kebutuhan atau pengeluaran yang diperlukan, seperti sewa, utilitas, makanan, dan transportasi. Sisihkan 30% untuk kebutuhan, seperti pakaian dan hiburan, dan sisanya 20% untuk tabungan, pelunasan utang, dan tabungan darurat.

Anggaran harus memandu kamu lebih dekat ke tujuan jangka panjang, tetapi kemungkinan kamu tidak akan selalu dapat mempertahankan budget kamu untuk setiap Rupiah yang dikeluarkan. Ada banyak aplikasi untuk membantu memvisualisasikan pengeluaran dan tabungan kamu setiap bulan. Aplikasi budgeting ini juga dikenal sebagai FINETIKS. Aplikasi budgeting ini bahkan memberi pilihan untuk menempatkan tujuan keuangan kamu langsung di aplikasi untuk membantu kamu tetap pada anggaran yang sudah ditentukan sambil memberikan rekomendasi tentang berapa banyak yang harus kamu belanjakan.

3. Menyiapkan Dana Darurat

Kamu dapat memulai dari yang kecil dengan menyisihkan beberapa Rupiah  dari gaji. Jika Rp 2.000.000 cukup untuk menutupi keadaan darurat kecil sehingga tagihan tak terduga tidak menghabiskan limit kartu kredit kamu. Target kamu berikutnya bisa menjadi Rp 3.000.000 dan seterusnya. Para ahli mungkin menyarankan memiliki biaya hidup selama 6 bulan untuk menyelamatkan kamu dari peristiwa yang tidak menguntungkan, seperti kehilangan pekerjaan. Namun, itu bukan jumlah uang yang kecil dan akan lebih sulit dicapai bagi mereka yang berjuang secara finansial atau hidup dalam kondisi keuangan yang ketat setiap bulan.

4. Kelola & Kurangi Utang 

Jika kamu sedang mencari cara yang lebih baik untuk mengelola hutang, dengan tujuan menghilangkan sebagian besar atau semua, kamu telah mengambil langkah ke arah yang benar. Utang kartu kredit bisa sangat mahal karena dikenakan bunga atas saldo kamu yang dapat membuatnya lebih lama untuk dilunasi. Bunga akrual adalah jumlah bunga yang terakumulasi pada utang sejak tanggal pembayaran bunga terakhir.

Ada dua metode untuk melunasi hutangmu - metode bola saljudan longsoran salju. Metode bola salju, seperti namanya, adalah ketika kamu akan melunasi hutang suku bunga terkecil terlebih dahulu, lalu mencapai saldo yang lebih tinggi. Sebaliknya, metode longsoran utang dimulai dengan membayar saldo yang lebih tinggi terlebih dahulu.

5. Berinvestasi untuk Masa Depan

Berinvestasi terdengar seperti sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh orang kaya dan mampu, namun pada kenyataannya tidak seperti itu. Berinvestasi bisa sesederhana memasukkan uang ke dalam rekening tabungan karena mereka memberi tingkat bunga yang lebih tinggi, lalu memungkinkan uang kamu tumbuh lebih cepat saat berada di rekening. Investasi lain yang bisa kamu mulai adalah saham kalau kamu mau berinvestasi untuk jangka panjang. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa investor yang memegang saham selama lebih dari 10 tahun akan dihargai dengan pengembalian yang lebih tinggi bahkan dengan risiko jangka pendek. Namun, perlu diingat bahwa berinvestasi selalu melibatkan beberapa risiko; artinya kamu bisa kehilangan sebagian besar atau seluruh uang yang kamu sudah investasikan.

Baca lebih lanjut: Cara Investasi untuk Pemula dalam 6 Langkah Mudah

Mengapa Perencanaan Keuangan Penting?

Perencanaan keuangan bukan hanya tentang investasi, ini tentang apa yang dapat dilakukan uang untuk kepercayaan diri, keamanan, dan kualitas hidup kamu. Ini termasuk perlindungan dari penawaran asuransi jiwa atau keamanan yang dapat disediakan oleh dana darurat. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang dengan rencana keuangan memiliki kebiasaan uang yang sehat. Semakin awal kamu mulai menjalankan rencana keuangan kamu, semakin tinggi peluang untuk berhasil dalam tujuan keuangan kamu. Jadi, mulailah menabung dan berinvestasi sejak dini.

Membuat sebuah perencanaan keuangan mungkin terdengar seperti tugas, tetapi itu adalah pondasi untuk membangun dan mencapai tujuanmu. Kamu selalu dapat meminta bantuan penasihat keuangan profesional atau kamu bisa melakukannya sendiri. Menjalin hubungan dengan penasihat keuangan yang dapat kamu percayai itu sangat penting untuk mengejar tujuan kamu. Penasihat keuangan akan bertemu dengan kamu untuk menilai keadaan keuangan saat ini dan mengembangkan rencana komprehensif yang disesuaikan untuk kamu. Tetapi jika kamu belum siap untuk menemukan penasihat untuk membantu mencapai tujuan keuangan, kamu selalu bisa menggunakan aplikasi keuangan pribadi yang disebut FINETIKS! Dengan FINETIKS, kamu bisa mulai menganggarkan, melacak pengeluaran kamu, dan menyimpan uang kamu untuk masa depan yang lebih cerah. Dapatkan akses untuk mengelola keuangan secara gratis dan aplikasi keuangan pribadi. Unduh sekarang!

Finetiks blog mascot
Need help to stay in control of your expenses? Let's check out our free financial planning app, FINETIKS. Discover the best way to track all your expenses and savings in one place!

Subscribe to the FINETIKS newsletter now and receive notifications for every new financial inspiration!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Trending Articles