Biaya sekolah tahun ajaran baru

Tahun Ajaran Baru? Ini 6 Langkah Susun Biaya Sekolah Anak!

Joselyn Gomulya
Joselyn Gomulya
May 24, 2024
Tahun Ajaran Baru? Ini 6 Langkah Susun Biaya Sekolah Anak!

Beberapa bulan menuju tahun ajaran baru 2024 nih Moms, gimana, sudah mempersiapkan dana pendidikan anak belum? Menjelang tahun ajaran baru 2024/2025, tentu semakin banyak pula hal yang harus dipersiapkan salah satunya adalah menyesuaikan biaya sekolah tahun ajaran baru anak.

Supaya pengaturan keuangan seimbang antara kebutuhan hidup dan kebutuhan dana pendidikan anak, pastikan Moms melakukan langkah-langkah cepat membangun biaya sekolah tahun ajaran baru anak yang akan dijelaskan melalui bacaan ini.

Pentingnya Menyiapkan Biaya Sekolah Tahun Ajaran Baru

Biaya sekolah anak khususnya tahun ajaran baru penting untuk disiapkan sedini mungkin karena akan memengaruhi keberlangsungan pendidikan anak tiap semesternya. Saat uang semester anak sudah disiapkan dengan matang oleh orang tuanya, tentu anak tidak perlu takut putus sekolah.

Dana pendidikan anak di setiap semester baru tentu akan berbeda, ditambah lagi inflasi yang terjadi setiap tahun tentu akan memengaruhi kenaikan anggaran biaya sekolah. Oleh karena itu, Moms perlu melakukan beberapa penyesuain anggaran dana pendidikan anak setiap tahun ajaran baru.

Tapi, ada enggak ya cara paling efisien untuk mempersiapkan biaya pendidikan semester baru anak? Coba kamu simak dulu langkah mengatur dan mengelola biaya sekolah tahun ajaran baru di bawah ini!

Anak bermain kincir angin warna warni sambil tertawa di musim panas
Image by jcomp on Freepik

6 Langkah Cepat Mengatur dan Mengelola Biaya Sekolah Anak

Mempersiapkan dana pendidikan tiap semester baru mungkin menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi orang tua. Moms harus memutar otak dan menyusun anggaran keuangan supaya bisa membayar uang sekolah anak.

Berikut ini adalah beberapa langkah cepat mengatur dan mengelola anggaran pendidikan anak menjelang tahun ajaran baru. Pastikan Moms enggak melewatkan satu pun langkah di bawah ini supaya anggaran sekolah cepat terkumpul ya!

  1. Sisihkan Gaji untuk Biaya Sekolah Tahun Ajaran Baru

Sebagai permulaan, kamu bisa menyisihkan 10-20% dari gaji atau pemasukan yang kamu terima untuk dana pendidikan semester baru anak. Pastikan kamu melakukannya secara rutin ya, Moms!

  1. Buka Tabungan untuk Dana Pendidikan Semester Baru Anak

Supaya gaji yang tadi sudah kamu sisihkan enggak tercampur dengan dana kebutuhan lain, kamu bisa membuat tabungan khusus untuk biaya sekolah tahun ajaran baru anak.

Selain memisahkan antara kebutuhan harian dengan tabungan sekolah anak, membuka tabungan baru untuk dana pendidikan semester anak akan membantu kamu dalam memantau dan melihat perkembangan keuangan.

Kalau kamu merasa kesulitan memantau perkembangan dari setiap tabungan yang kamu miliki, kamu bisa menggunakan aplikasi FINETIKS. Yuk, pelajari lebih lanjut mengenai FINETIKS disini.

  1. Mengatur Kembali Arus Pengeluaran

Kalau kamu sudah rutin melacak pengeluaran, akan lebih mudah untuk melakukan review keuangan dengan memotong pos-pos kategori transaksi yang enggak terlalu mendesak. Misalnya seperti mengurangi budget untuk makan di restoran dan memindahkan budget tersebut untuk biaya sekolah anak menjelang tahun ajaran baru.

Tapi, kalau kamu belum rutin mencatat pengeluaran dan jarang melakukan review keuangan kamu bisa mulai dengan menetapkan anggaran.

  1. Menyiapkan Biaya Sekolah Tahun Ajaran Baru dengan Aplikasi Kelola Keuangan

Butuh ilustrasi biaya pendidikan anak dengan cepat dan menginginkan kemudahan dalam menyusun anggaran dana sekolah anak? Manfaatkanlah aplikasi kelola keuangan seperti FINETIKS.

Dengan menggunakan FINETIKS, manajemen keuangan untuk biaya pendidikan anak menjelang semester baru akan terasa lebih mudah. 

  1. Mempersiapkan Biaya Sekolah Tahun Ajaran Baru dengan Menetapkan Anggaran

Tetapkan anggaran perbulan untuk berbagai kategori atau pos pengeluaran. Kamu bisa mulai dengan menentukan anggaran untuk belanja kebutuhan sehari-hari, transportasi, tagihan bulanan, hingga keinginan seperti makan di restoran dan liburan.

Kamu bisa menetapkan anggaran bulanan di setiap kategori melalui aplikasi FINETIKS. Dengan menyusun anggaran dan melakukan budgeting secara digital, kamu bisa mengelola pergerakan keuangan dimanapun dan kapanpun.

  1. Menghitung Estimasi Dana Pendidikan Semester Baru Anak

Mulai dari TK sampai perguruan tinggi, lakukanlah perhitungan biaya sekolah setiap tahun ajaran baru. Mengetahui perkiraan atau estimasi biaya pendidikan anak membantu kamu menyusun besaran anggaran yang diperlukan.

Selama mempersiapkan biaya sekolah anak, kebutuhan Moms mungkin akan meningkat dua kali lipat. Oleh karena itu, pastikan kamu menerapkan gaya hidup hemat menjelang tahun ajaran baru.

Butuh tips hidup hemat supaya bebas dari hutang? Kamu bisa baca tips hidup hemat yang bisa melepaskan kamu dari utang ataupun pinjaman online disini.

#TambahFinter dalam mengatur dan mengelola keuangan bareng FINETIKS, jangan lupa share artikel ini ke kerabat kamu yang sama-sama sedang mempersiapkan biaya sekolah tahun ajaran baru anak!

Finetiks blog mascot
Butuh bantuan untuk tetap mengontrol pengeluaran Anda? Yuk, periksa aplikasi perencana keuangan gratis kami, FINETIKS. Temukan cara terbaik untuk melacak semua pengeluaran dan tabungan Anda di satu tempat saja!

Langganan newsletter FINETIKS sekarang dan dapatkan notifikasi untuk setiap inspirasi baru tentang keuangan!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Artikel Terkini