Kartini modern

Semangat Kartini pada Perempuan Modern Indonesia: Langkah Menuju Kebebasan Finansial

Bani Arya
Bani Arya
April 19, 2024
Semangat Kartini pada Perempuan Modern Indonesia: Langkah Menuju Kebebasan Finansial

Sebagai warga Indonesia, kita merayakan hari Kartini setiap tanggal 21 April. Pada momen ini, terutama bagi perempuan dan wanita modern Indonesia, adalah waktu yang tepat untuk mempertimbangkan cara mengelola keuangan dan mencapai kebebasan finansial. Penting untuk diingat, mengelola keuangan pribadi tidak hanya sebatas memastikan cukup uang hingga akhir bulan saja FinTERZ, tetapi juga merencanakan masa depan finansial kita agar lebih dari apa yang telah kita capai saat ini.

Sebagai perempuan modern, tentu tidak sedikit yang memiliki banyak peran dan tanggung jawab, mulai dari karir hingga keluarga. Hari Kartini ini, menjadi momen yang tepat untuk memikirkan bagaimana mencapai kebebasan finansial, di mana perempuan memiliki kendali penuh atas keuangan diri sendiri atau bahkan keluarga. Kira-kira langkah apa saja yang bisa perempuan lakukan untuk mencapai kebebasan finansial tersebut, akan kita bahas satu persatu ya FinTERZ.

Wanita karir modern sedang bekerja di kantor
Image by pressfoto on Freepik

Untuk mencapai kebebasan finansial, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengubah mindset terhadap uang. Mengelola keuangan bukanlah hal yang sulit, asalkan seseorang memiliki kesadaran dan komitmen untuk melakukannya.

Langkah ini menjadi penting, karena perempuan akan membangun persepsi dan memberikan tujuan atau target yang akan dicapai. Perempuan harus lebih sadar akan segala pengeluaran yang mereka lakukan dan disiplin atau berkomitmen untuk menjalankannya, tentunya bisa dilakukan secara perlahan tapi tetap menanamkan kesadaran akan keuangan tersebut.

Selain mindset akan keuangan, langkah penting lainnya dalam mengelola keuangan adalah dengan membuat anggaran. Dengan membuat anggaran, seseorang dapat mengetahui berapa pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulan dan berapa yang bisa disisihkan untuk tabungan atau investasi.

Untuk memulai melacak pengeluaran, perempuan modern bisa menggunakan aplikasi keuangan seperti FINETIKS yang tersedia di Google Play dan App Store. Aplikasi ini memudahkan semua pengguna untuk mencatat setiap transaksi dengan cepat dan efisien.

Selain itu dengan menggunakan FINETIKS, FinTERZ juga bisa melakukan penganggaran dan menentukan tujuan finansial dengan lebih mudah 'loh. Dengan memiliki catatan yang teratur, perempuan yang ingin #JadiFinter atur keuangan bisa melihat dengan jelas di mana mereka bisa menghemat atau mengalokasikan uang mereka dengan lebih bijaksana.

Selain itu, melacak pengeluaran juga merupakan hal yang penting. Dengan melacak pengeluaran, seseorang dapat mengetahui di mana uang mereka sebenarnya pergi dan dapat mengidentifikasi area di mana mereka bisa menghemat.

Tidak hanya itu, penting juga untuk memiliki tabungan darurat. Tabungan darurat akan membantu kita menghadapi situasi darurat tanpa harus meminjam uang dari orang lain atau menguras tabungan jangka panjang.

Sebagai perempuan modern, investasi juga perlu dipikirkan. Investasi adalah cara yang baik untuk mengembangkan uang dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang kita.

Terakhir, penting juga untuk terus belajar tentang keuangan. Dengan terus belajar, perempuan modern Indonesia akan semakin paham tentang bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan mencapai kebebasan finansial.

Pada akhirnya, mencapai kebebasan finansial bukanlah hal yang mustahil. Dengan langkah-langkah yang tepat dan konsisten, perempuan Indonesia modern bisa meraih kebebasan finansial dan memiliki kendali penuh atas keuangan mereka.

Nah itu semua beberapa hal yang bisa kamu terapkan sebagai perempuan modern Indonesia yang membawa semangat kemandirian Kartini terutama dalam mencapai kebebasan finansial. Menurut FinTERZ, sebagai Perempuan Indonesia, semangat Kartini apa saja nih yang bisa kamu terapkan untuk mencapai kebebasan finansial? Yuk share pengalamanmu di Instagram dan dapatkan jutaan hadiah menarik dari FINETIKS!

Finetiks blog mascot
Butuh bantuan untuk tetap mengontrol pengeluaran Anda? Yuk, periksa aplikasi perencana keuangan gratis kami, FINETIKS. Temukan cara terbaik untuk melacak semua pengeluaran dan tabungan Anda di satu tempat saja!

Langganan newsletter FINETIKS sekarang dan dapatkan notifikasi untuk setiap inspirasi baru tentang keuangan!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Artikel Terkini