Mengatur gaji

Hidup Cuma Ngandelin GAJI, Ini Cara Atur Keuangan Tanpa Pusing

July 2, 2024
Hidup Cuma Ngandelin GAJI, Ini Cara Atur Keuangan Tanpa Pusing

Tiap hari nunggu tanggal gajian, ibarat lagu Hindia Rumah ke Rumah, banyak tantangan yang harus kita hadapi selama hidup berkala dari gaji ke gaji. Kadang males ngatur keuangan karena bikin pusing tapi kalau gak mengelola pendapatan, pasti terasa susah banget untuk bertahan hidup ngandelin gaji.

Selain memastikan pendapatan selalu on track, memiliki anggaran keuangan yang baik tentu membantu menjaga kondisi finansial kamu tetap aman setidaknya sampai tanggal gajian berikutnya. Makanya memiliki anggaran keuangan menjadi bagian yang  sangat penting dalam pengelolaan pendapatan kamu.

Nah, FinTERZ, kita akan membahas beberapa langkah praktis untuk membantu kamu mengatur pengeluaran dan membangun kestabilan keuangan meskipun hidup dengan gaji yang terbatas. Pastikan kamu baca artikel ini sampai akhir ya!

7 Cara Mengatur Keuangan Tanpa Pusing Agar Bisa Hidup dari Gaji

Tenang tenang, ada kok cara terbaik mengatur keuangan yang gak bikin kamu pusing. Dari mengenali pendapatan dan pengeluaran kamu sampai memantau setiap transaksi keuangan, melakukan 7 cara ini akan membantu kamu bisa hidup meskipun hanya mengandalkan uang dari gaji.

  1. Kenali Dia, Iya Pendapatan dan Pengeluaran Kamu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar bisa hidup dari gaji adalah mencatat seluruh pendapatan dan pengeluaran. Pastikan kamu juga mencatat semua pengeluaran rutin seperti sewa, tagihan, cicilan, makanan, transportasi, kopi, bahkan jajanan untuk pacar.

Dengan memahami pendapatan dan pengeluaran secara menyeluruh, kamu akan melihat gambaran kondisi keuanganmu.

  1. Mulai Budgeting, Buat Anggaran Bulanan Kamu yang Boros Itu

Setelah mencatat setiap transaksi keuangan, buatlah anggaran bulanan yang realistis. Kamu bisa menetapkan batasan pengeluaran untuk setiap kategori seperti makan, transportasi, hiburan, dan tabungan melalui aplikasi kelola keuangan FINETIKS.

Saat melakukan budgeting keuangan, pastikan total pengeluaran tidak melebihi total pendapatan kamu ya, FinTERZ. Kalau ada uang yang sisa, alokasikan untuk tabungan atau melunasi hutang.

  1. Prioritaskan Kebutuhan Utama untuk Bertahan Hidup

Ketika menghadapi keterbatasan gaji, prioritaskan kebutuhan utama. Prioritaskan tagihan seperti sewa, listrik, air, dan cicilan hutang sebelum menggunakan gaji untuk pengeluaran lainnya.

Jika memungkinkan, coba kurangi pengeluaran pada hal-hal yang bukan kebutuhan mendesak seperti kebiasaan makan di luar sampai menikmati hiburan mahal dan mulailah gaya hidup yang lebih sederhana.

  1. Stop Hedon dan Mari Hemat

Cara mengatur keuangan tanpa pusing agar bisa hidup dari gaji yang berikutnya adalah mengurangi pengeluaran di beberapa area. Misalnya dengan bawa makan siang dari rumah, membeli makan siang di warteg, cari promo/diskon saat berbelanja, atau pertimbangkan untuk berlangganan layanan yang lebih terjangkau.

Ingin mengatasi gaya hidup boros agar terlepas dari masalah finansial termasuk hutang? Baca 7 tips mengatasi gaya hidup boros disini.

  1. Lunasin Utang Kamu dan STOP Ajuin Pinjaman

Jika kamu memiliki utang, atur pembayaran utang dalam anggaran bulanan dan hindari menambah utang baru. Prioritaskan pembayaran utang dengan bunga tinggi terlebih dahulu karena utang semakin besar jika dibiarkan.

  1. Belum Kenal Investasi? Simpan Aja Dulu

Tertarik investasi di reksa dana atau saham tapi belum benar-benar paham? Kamu bisa kok simpan dan tabung uang untuk kesehatan, pendidikan, ataupun tabungan untuk keadaan darurat.

  1. Pantau dan Evaluasi Secara Berkala

Cara mengatur keuangan agar bisa hidup cuma dari gaji yang terakhir adalah dengan memantau dan evaluasi finansial secara berkala. Periksa apakah sudah disiplin mengikuti anggaran bulanan dan menekan pengeluaran di area tertentu.

Jika ada perubahan dalam pendapatan atau pengeluaran, selalu sesuaikan anggaran bulanan kamu ya, FinTERZ!

Hidup dari gaji ke gaji bukanlah situasi yang mudah, tetapi dengan perencanaan keuangan yang baik dan disiplin, kamu bisa mencapai stabilitas keuangan. Selain 7 cara di atas, ada beberapa tips agar kamu bisa hidup dengan tenang meskipun hanya mengandalkan gaji yang pas-pasan.

wanita-keuangan-uang-dengan-dompet
Image by Racool_studio on Freepik

Tips Bertahan Hidup dari Gaji Pas-Pasan

Supaya kamu bisa bertahan hidup dengan gaji yang kamu punya, pastikan untuk melakukan beberapa tips di bawah ini agar mengatur gaji terasa lebih mudah dan hidup jadi lebih tenang. Berikut adalah tips dari MinETIKS:

  1. Simpan Uang Receh

Terima uang kembalian? Jangan dibiarkan berserakan! Kamu bisa kumpulin semua uang receh yang kamu terima dan simpan dalam wadah atau celengan. Kalau udah kekumpul, uang receh ini bisa kamu pakai untuk uang tambahan belanja kebutuhan loh!

  1. Cari Tempat Tinggal yang Murah

Kalau kamu adalah anak kos yang harus sewa atau kontrak tempat tinggal, pilihlah tempat tinggal yang murah dengan akses kendaraan yang mudah. Selain biaya sewa yang ringan, kamu juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya transportasi.

  1. Berbagi Tempat Tinggal

Selain mencari tempat tinggal yang murah, kamu juga bisa mengajak kerabat ataupun saudara kamu untuk berbagi tempat tinggal. Dengan begini, kamu bisa membagi biaya tempat tinggal, listrik, air, dan kebutuhan lainnya.

  1. Masak dan Bawa Bekal Makan Siang

Agar uang konsumsi tidak cepat habis, pertimbangkan untuk memasak dan menyiapkan bekal makan siang. Selain menekan biaya restoran, kamu juga bisa membuat makanan yang lebih bergizi dan menyehatkan.

  1. Belanja dengan Diskon dan Promo

Carilah waktu yang tepat untuk belanja kebutuhan dengan berbagai promo dan diskon. Ingat ya, meskipun diskon dan promo, belilah barang sesuai kebutuhan.

  1. Jual Barang-Barang yang Gak Dibutuhkan

Apabila kamu masih mempunyai barang-barang layak pakai yang udah jarang banget kamu gunakan, kamu bisa menjualnya secara online. Rumah bukan hanya lebih bersih, kamu juga mendapatkan uang tambahan.

  1. Perluas Jaringan Pertemanan

Misalnya kendaraan yang akan kamu pakai tiba-tiba mogok, daripada bawa ke tempat service motor, kamu bisa konsultasi dan minta saran dari teman kamu. Siapa tau teman kamu dengan senang hati akan membantu.

Jadi, jagalah hubungan baik antara kamu dengan rekan kerjamu. Kamu bisa berbagi pengalaman keuangan ataupun hal-hal lain dengan mereka.

Selain 7 tips bertahan hidup dari gaji yang pas-pasan di atas, kamu juga perlu membiasakan diri untuk melakukan budgeting. Setelah gajian, pastikan kamu dengan konsisten menetapkan anggaran dan kebutuhan untuk satu bulan ke depan.

Supaya lebih mudah, manfaatkan aplikasi manajemen keuangan pribadi FINETIKS yang bisa membantu kamu mengatur budget kebutuhan dan keinginan hingga alokasi dana untuk target keuangan jangka panjang. Kamu bisa download melalui Google Play ataupun App Store.

Gimana FinTERZ? Bisa gak nih kira-kira hidup cuma ngandelin uang dari gaji? Pastikan kamu ikutin langkah-langkah atur keuangan di atas dan jangan lupa share artikel ini ke teman kamu ya!

Finetiks blog mascot
Butuh bantuan untuk tetap mengontrol pengeluaran Anda? Yuk, periksa aplikasi perencana keuangan gratis kami, FINETIKS. Temukan cara terbaik untuk melacak semua pengeluaran dan tabungan Anda di satu tempat saja!

Langganan newsletter FINETIKS sekarang dan dapatkan notifikasi untuk setiap inspirasi baru tentang keuangan!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Artikel Terkini