Pertumbuhan ekonomi 2024 melambat

Hati-Hati Millennials, Pertumbuhan Ekonomi 2024 Terus Melambat

Joselyn Gomulya
Joselyn Gomulya
January 10, 2024
Hati-Hati Millennials, Pertumbuhan Ekonomi 2024 Terus Melambat

Diproyeksikan oleh Bank Dunia, pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan melambat hingga tahun 2026. Hasil proyeksi ini tentu saja bukan kabar baik untuk negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, yang diperkirakan akan menghadapi kondisi perekonomian yang lebih sulit.

Bukan cuma itu, pergerakan ini ternyata dinilai akan mempengaruhi gaya hidup, karir, dan keuangan generasi Millennials hingga Generasi Z. Mulai dari persaingan kerja yang semakin ketat, ketidakpastian finansial, hingga perubahan gaya hidup dan konsumsi, generasi muda disarankan untuk mempersiapkan diri dari sekarang.

Tapi, ada enggak sih cara agar Millennials dan Generasi Z bisa mengantisipasi kondisi ini? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Hati-Hati Millennials, Pertumbuhan Ekonomi 2024 Terus Melambat
Image by Freepik

Penyebab Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi Global dan Indonesia

Perlambatan pertumbuhan ekonomi global disebabkan oleh beberapa alasan seperti ketidakstabilan keuangan dan adanya risiko geopolitik yang meningkat. Bukan cuma itu, pandemi COVID-19 yang terjadi beberapa tahun lalu ternyata masih merusak pemulihan ekonomi global secara keseluruhan.

Sementara itu, Bank Dunia mengidentifikasikan bahwa pertumbuhan ekonomi 2024 di Indonesia diperkirakan melambat karena dua faktor internal dan eksternal. Masalah struktural seperti ketidakpastian politik, perubahan kebijakan ekonomi, dan ketidakstabilan pasar uang menjadi faktor utama penyebab perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Tapi, apa benar perlambatan ekonomi ini akan berlangsung sampai tahun yang akan datang dan apakah dampaknya sebesar itu?

Periode dan Dampak Pertumbuhan Ekonomi yang Melambat

Berdasarkan indikasi Bank Dunia, perlambatan pertumbuhan ekonomi global dan Indonesia diperkirakan akan terjadi sampai tahun 2026. Belum lagi nih, proyeksi ini dinilai akan berdampak pada berbagai sektor industri, perdagangan, hingga bahkan investasi.

Kalau kamu belum tahu, Bank Dunia bahkan menyarankan pemerintah dan pebisnis di Indonesia untuk mempersiapkan langkah mitigasi dan kebijakan ekonomi yang lebih responsif. Entah itu dalam bentuk reformasi struktural atau fokus pada inovasi, meningkatkan koordinasi serta memastikan efisiensi dan efektivitas cukup penting untuk dilakukan.

Lalu, bagaimana dengan Generasi Millennials dan Generasi Z? Secara keseluruhan dua generasi ini akan merasakan perubahan yang cukup signifikan dalam aspek  finansial dan pekerjaan. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Penurunan peluang kerja karena persaingan kerja yang lebih ketat
  • Terbatasnya peluang untuk mendapatkan kenaikan gaji hingga bonus
  • Masalah dalam menyimpan, berinvestasi, ataupun mencapai tujuan keuangan jangka panjang
  • Peningkatan beban hutang terutama dalam hal pendidikan dan kepemilikan rumah
  • Sulit membeli properti akibat penurunan daya beli dan persyaratan pinjaman yang lebih ketat

Perubahan-perubahan di atas ternyata dianggap juga akan memengaruhi kondisi mental Generasi Millennials dan Generasi Z. Dalam periode ini, tingkat stres finansial diperkirakan akan meningkat dari sebelumnya.

Lantas, apa para Millennials dan Generasi Z cuma bisa diam saja? Tentu kamu bisa melakukan beberapa upaya upaya seperti berikut ini.

Cara Millennials dan Generasi Z Hadapi Pertumbuhan Ekonomi 2024

Dinilai akan terjadi banyak perubahan akibat pertumbuhan ekonomi yang melambat di tahun 2024. Generasi Millennials dan Generasi Z bisa melakukan beberapa upaya menghadapi perlambatan perekonomian dengan cara berikut ini:

Meningkatkan Keterampilan dan Pendidikan

Seperti dengan mengikuti kursus, sertifikasi, dan pastikan untuk tetap update terhadap perkembangan teknologi hingga tren finansial. Kalau kamu enggak mau ketinggalan berita terbaru terkait finansial, pastikan kamu follow akun Instagram Finetiks disini.

Diversifikasi Pendapatan

Carilah pekerjaan sampingan ataupun pekerjaan paruh waktu yang bisa menambah pendapatanmu. Kamu juga bisa mengeksplorasi bisnis kecil atau usaha mandiri sesuai dengan keahlian dan minat yang kamu miliki.

Mengelola Utang dengan Bijak

Kelolalah utang dengan hati-hati. Fokus pada pengurangan utang yang tidak produktif dan carilah opsi restrukturisasi utang jika diperlukan. Pastikan kamu terus menjaga dan mengontrol tanggungan keuanganmu ya.

Bangun Dana Darurat Perlahan

Tahun ini, coba prioritaskan untuk membangun dana darurat. Simpan dana darurat dapat memberikan keamanan finansial di tengah ketidakpastian ekonomi. Kalau kamu bingung cara alokasi dana darurat, kamu bisa langsung pakai aplikasi Finetiks yang tersedia di Google Play dan App Store.

Investasi dalam Kesehatan Finansial

Bukan hanya menabung dan mengelola keuangan, buatlah rencana keuangan yang terstruktur dan lakukan identifikasi jangka pendek dan panjang. Sebelum melakukan investasi, pastikan kamu memahami profil risiko dan pilih instrumen investasi yang sesuai antara tujuan dan risiko.

Selain lima cara di atas, Millennials dan Generasi Z disarankan untuk rutin melakukan pemantauan keuangan secara berkala dan mengevaluasi rencana keuangan. Kamu bisa melakukan monitoring dengan aplikasi Finetiks, termasuk menerima saran dan masukan langsung dari teknologi AI.

Dengan mengambil langkah-langkah di atas, kamu dapat mengamankan finansial, membangun karir berkelanjutan, dan lebih siap menghadapi tantangan perlambatan pertumbuhan ekonomi 2024 dengan lebih baik.

Finetiks blog mascot
Butuh bantuan untuk tetap mengontrol pengeluaran Anda? Yuk, periksa aplikasi perencana keuangan gratis kami, FINETIKS. Temukan cara terbaik untuk melacak semua pengeluaran dan tabungan Anda di satu tempat saja!

Langganan newsletter FINETIKS sekarang dan dapatkan notifikasi untuk setiap inspirasi baru tentang keuangan!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Artikel Terkini