mandiri finansial

7 Kebiasaan Perempuan Cerdas dan Mandiri Finansial

Joselyn Gomulya
Joselyn Gomulya
March 8, 2024
7 Kebiasaan Perempuan Cerdas dan Mandiri Finansial

Siapa sih yang gak mau hidup mandiri termasuk dalam hal finansial? Di era ini, semakin banyak perempuan yang ingin bebas memenuhi kebutuhan dan menentukan gaya hidup sesuai dengan keinginannya sendiri.

Ya, cerdas dalam mengelola keuangan dan mandiri finansial menjadi salah satu aspek kehidupan yang diidam-idamkan banyak perempuan. Selain menunjang kebutuhan diri sendiri, masalah keuangan seperti hutang dapat dengan mudah dihindari jika seseorang telah mandiri finansial.

Sayangnya, gak semua perempuan dibekali dengan banyak informasi terkait cara cerdas mengelola keuangan. Akhirnya, banyak perempuan yang hanya bisa bermimpi untuk hidup mandiri finansial dan kesulitan untuk mewujudkannya.

Kalau kamu salah satu perempuan yang ingin mandiri finansial, pastikan kamu menerima semua tips yang sudah dirangkum di artikel berikut ini dan baca terus sampai akhir supaya paham bagaimana cara menjadi perempuan yang mandiri finansial.

gambar wanita cerdas memegang tablet
Image by Lifestylememory on Freepik

Apa Itu Mandiri Finansial bagi Perempuan?

Punya banyak arti, mandiri finansial atau financial independence bagi perempuan adalah kondisi di mana perempuan bisa memenuhi kebutuhan dan keinginannya sendiri tanpa bergantung pada keuangan orang lain.

Beberapa yang lain mungkin akan mengartikannya sebagai situasi di mana seseorang mampu mencapai tujuan finansial atau bahkan tetap menerima pemasukan tanpa harus bekerja (biasanya didukung oleh investasi).

Tidak sedikit pula yang menjelaskan financial independence sebagai keadaan di mana perempuan bisa bebas memenuhi keinginan karena adanya tabungan yang cukup dan persiapan yang matang.

Jadi, mandiri finansial punya arti dan makna yang berbeda-beda tergantung dari prioritas masing-masing perempuan. Tapi, kenapa sih banyak perempuan yang memimpikan untuk hidup mandiri finansial atau ingin sekali meraih financial independence?

Pentingnya Mandiri Finansial bagi Perempuan

Kamu masih single, sedang dalam relationships, atau mungkin sudah menikah? Entah dalam status apapun itu, penting bagi perempuan untuk mampu mengatur finansial dengan cerdas karena uang adalah hal vital dalam kehidupan.

Mungkin bagi beberapa perempuan single, mengelola keuangan akan lebih mudah dilakukan sebab perempuan bisa bebas membuat keputusan. Sementara jika sudah menikah, mungkin membutuhkan lebih banyak diskusi finansial dengan pasangan sebelum membuat suatu keputusan tertentu.

Gak masalah kalau kamu masih single, dalam relationships, atau sudah menikah soalnya edukasi finansial yang kuat penting untuk semua perempuan tanpa memandang status. Berikut adalah beberapa alasan kenapa mandiri finansial penting bagi perempuan:

  1. Mandiri Finansial Memberikan Rasa Aman bagi Perempuan

Bisa menghidupi diri sendiri tentu memberikan rasa aman bagi semua perempuan. Bukan cuma menabung untuk masa depan, kamu juga bisa menolong teman keluarga, ataupun orang lain yang membutuhkan dengan keuanganmu yang matang.

  1. Mandiri Finansial Menghilangkan Rasa Khawatir

Saat kamu melakukan transaksi pembayaran, kamu tidak lagi merasa khawatir. Selain sudah bisa bertanggung jawab dengan diri sendiri, kamu juga gak bergantung apalagi minta dan pinjam uang dari orang lain.

  1. Mandiri Finansial Meningkatkan Kebahagiaan bagi Perempuan

Bisa meningkatkan rasa bahagia, financial independence bagi perempuan memengaruhi kebebasan memilih dan membuat keputusan tanpa tekanan atau paksaan dari orang lain. Kebebasan ini tentu membuat perempuan lebih bahagia.

  1. Mandiri Finansial Membuka Banyak Ruang bagi Perempuan

Salah satu alasan kenapa mandiri finansial penting bagi perempuan adalah karena perempuan punya banyak ruang dalam memutuskan gaya hidup yang diinginkan. Kamu bisa memilih lokasi rumah sesuai dengan keinginan sampai travelling ke berbagai destinasi wisata yang kamu mau.

  1. Mandiri Finansial Dapat Menginspirasi Keluarga

Baik sudah menikah ataupun belum, tidak bergantung dengan pasangan ataupun keluarga bisa menjadi inspirasi bagi anggota keluarga termasuk anak. Perempuan yang mandiri finansial bisa menjadi sosok inspiratif dalam keluarga.

  1. Mandiri Finansial Bisa Membantu Keuangan Keluarga

Perempuan yang sudah matang secara finansial dapat membantu biaya hidup keluarga yang semakin tinggi, terutama untuk mereka yang sudah berumah tangga. Perempuan juga bisa aktif berkontribusi mempersiapkan dana darurat.

Selain beberapa hal di atas, perempuan yang mandiri secara finansial akan lebih siap dalam menghadapi berbagai kemungkinan keuangan, termasuk bisa pensiun lebih dini. Itulah beberapa alasan mengapa penting bagi perempuan untuk bisa mandiri dalam keuangan.

Kalau menurut FinTERZ, kenapa 'sih perempuan harus mandiri secara finansial? Bagikan opini kamu di Instagram dan menangkan jutaan hadiah menarik dari FINETIKS!

Tanda Perempuan Sudah Mandiri Finansial

Salah satu ciri utama bagi perempuan yang sudah mandiri secara finansial adalah paham dan bisa membuat pencatatan keuangan. Maksudnya, perempuan bisa dan terbiasa untuk mencatat berbagai transaksi keuangan.

Kalau kamu belum terbiasa mencatat finansialmu, kamu bisa mulai sekarang dengan menggunakan aplikasi FINETIKS yang didukung dengan teknologi AI. Semakin mudah mencatat keuangan dimanapun dan kapanpun, kamu bisa download aplikasi FINETIKS di App Store ataupun Google Play.

Nah, berikut ini adalah beberapa tanda kalau perempuan sudah mandiri finansial:

  • Bijak dalam mengelola uang
  • Mulai merencanakan dana pensiun
  • Memiliki asuransi
  • Memiliki investasi
  • Punya rencana terkait finansialnya
  • Memiliki dana darurat

Gak perlu berkecil hati kalau kamu belum memenuhi ciri-ciri di atas. Ada beberapa langkah cerdas yang bisa kamu lakukan supaya bisa mandiri finansial kok!

7 Cara Cerdas Mencapai Mandiri Finansial bagi Perempuan

Penting bagi perempuan untuk bisa mandiri secara finansial. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa usaha yang bisa kamu terapkan untuk mencapai financial independence bagi perempuan:

  1. Menyesuaikan Pola Pikir

Pelajari dengan baik arti dan makna mandiri finansial, termasuk bagaimana kondisi ini akan mengubah kehidupanmu.

  1. Tingkatkan Literasi Finansial

Cari tahu sebanyak-banyaknya istilah keuangan hingga investasi karena literasi finansial yang kuat dapat memudahkan kamu kedepannya. Belajarlah dari podcast, blog, teman, ataupun profesional.

  1. Perbaiki Budgeting System

Budgeting system berbeda dengan mencatat transaksi. Budgeting system aah proses konsisten dalam mengelola keuangan. Berikut adalah beberapa contoh budgeting system:

  • Konsisten mencatat keuangan setiap minggu atau akhir bulan
  • Melakukan review pengeluaran supaya tidak lebih dari yang ditentukan
  • Pantau proses keuangan untuk mencapai goals yang sudah ditentukan
  • Perhatikan setiap tabungan yang kamu miliki
  • Konsisten dalam menabung entah itu mingguan ataupun bulanan
  • Gunakan dana cadangan untuk memenuhi tujuan finansial (liburan, beli perabotan, atau bahkan beli mobil)
  • Menyesuaikan budgeting dengan kebutuhan

Kalau kamu mau yang lebih mudah dan simpel, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi FINETIKS. Mulai dari mencatat transaksi dengan teknologi AI, mengalokasikan dana untuk tujuan finansial tertentu, sampai menabung, semua bisa dilakukan dengan cukup satu aplikasi aja!

  1. Identifikasi Tujuan Finansial

Cara selanjutnya untuk mencapai mandiri finansial bagi perempuan adalah mengidentifikasi tujuan finansial ke dalam beberapa bagian; jangka pendek (kurang dari 1 tahun), jangka menengah (5-10 tahun), atau jangka panjang (lebih dari 10 tahun).

  1. Lunasi Segala Hutang

Hitung berapa banyak hutang yang kamu punya dan pilih sistem pembayaran hutang yang paling sesuai dengan kondisi keuanganmu saat ini. Pastikan metode yang kamu pilih entah itu debt snowball atau debt consolidation dapat memudahkan pelunasan semua hutangmu.

  1. Lakukan Investasi

Setelah punya budgeting system yang baik dan mulai rutin menabung, cobalah untuk melakukan investasi. Cari tahu dan belajarlah istilah investasi seperti saham, obligasi, ataupun investasi lainnya.

  1. Kelola Keuangan untuk Keluarga

Cara yang gak kalah penting bagi perempuan yang ingin mandiri finansial adalah belajar untuk mengelola keuangan keluarga seperti membayar tagihan listrik, pajak, dan lain-lain.

Selain tujuh cara cerdas mencapai mandiri finansial di atas, utamakan menabung untuk dana darurat dan cadangan secara rutin. Jika kamu bingung, coba diskusikan dengan ahli atau profesional yang kamu percaya.

Gimana, sudah tahu kenapa perempuan harus mandiri secara finansial dan paham langkah-langkahnya? Jangan lupa share artikel ini ke bestie kamu yang pingin mandiri finansial!

Finetiks blog mascot
Butuh bantuan untuk tetap mengontrol pengeluaran Anda? Yuk, periksa aplikasi perencana keuangan gratis kami, FINETIKS. Temukan cara terbaik untuk melacak semua pengeluaran dan tabungan Anda di satu tempat saja!

Langganan newsletter FINETIKS sekarang dan dapatkan notifikasi untuk setiap inspirasi baru tentang keuangan!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Artikel Terkini