5 Cara Menghemat Uang Tanpa Mengubah Gaya Hidup Kamu

December 15, 2022
5 Cara Menghemat Uang Tanpa Mengubah Gaya Hidup Kamu

Kita semua memiliki tujuan yang sama untuk lebih bertanggung jawab secara finansial. Tetapi bagaimana jika itu membutuhkan perubahan gaya hidup kamu secara drastis untuk menghemat uang? Yah, mungkin terasa mustahil. Kamu mungkin mencoba menghentikan pengiriman makanan secara online, mengorbankan kehidupan sosial kamu, atau berhenti berbelanja online. Tetapi cobaan itu tidak terhenti, kamu mungkin menginginkan bakso di tengah malam, teman kamu mengajak nongkrong di luar, atau kamu melihat diskon besar-besaran di toko favorit. Mencoba untuk menghindari dan menyangkal semua itu tapi semakin lama terasa menyebalkan. Jadi kamu memutuskan untuk menyerah dan berbelanja "sekali ini saja" namun berkali - kali sehingga anggaran atau uang kamu habis.

Itulah mengapa kunci untuk berhemat adalah menemukan cara untuk menghemat uang ekstra tanpa mengubah gaya hidup secara drastis. Jika kamu dapat menemukan cara untuk membuat keputusan keuangan yang cerdas tanpa harus mengatakan tidak kepada teman saat mereka mengajakmu makan malam, bukankah itu akan menjadi situasi yang saling menguntungkan? Baca terus untuk mengetahui cara mudah menghemat uang untuk memberikan keamanan finansial.

1. Batalkan Langganan yang Tidak Digunakan

Kemungkinan besar, kamu membayar beberapa langganan di layanan streaming online berlebihan seperti Netflix, Disney Plus, Amazon Prime, atau keanggotaan gym. Jika kamu menemukan langganan yang tidak kamu gunakan, lebih baik batalkan dan masukkan uang ekstra itu ke rekening tabunganmu. Dan pastikan untuk mematikan langganan perpanjangan otomatis saat melakukan pembelian sehingga kamu tidak membayar anggaran satu tahun penuh saat kamu hanya pergi ke gym sebulan sekali, misalnya.

Untuk langganan yang ingin dipertahankan, pertimbangkan untuk memiliki akun berbagi keanggotaan dengan keluarga atau teman dekat Kamu. Banyak layanan streaming, seperti Netflix, memungkinkan Kamu berbagi paket dengan siapa pun di rumah Kamu atau siapa pun yang Kamu pilih untuk berbagi untuk menonton acara yang berbeda di perangkat yang berbeda secara bersamaan. Hampir tidak ada gunanya membayar lebih dari satu langganan di rumah yang sama. Dengan begitu, semua orang menang dan menabung!

2. Gunakan Aplikasi dan Kupon Cashback

Tidak ada yang mengalahkan kupon diskon 20% saat Kamu membeli sesuatu secara online atau makan di restoran. Kamu dapat menghemat banyak uang untuk pembelian sehari-hari dengan memeriksa kupon secara online atau bahkan menggunakan aplikasi cashback yang sangat populer saat ini seperti ShopBack atau Fave. Ini mungkin hanya menghemat sedikit pada setiap pembelian. Tetapi seiring berjalannya waktu, penghematan kecil ini dapat menambah jumlah tabungan kamu.

3. Dapatkan Paket Ponsel yang Lebih Baik

Pertimbangkan untuk memikirkan kembali paket ponsel Kamu juga karena mungkin secara tidak sadar menghabiskan terlalu banyak untuk pembelian data yang bahkan tidak Kamu gunakan. Penyedia seluler Kamu harus dapat memberikan beberapa wawasan tentang berapa banyak data yang sebenarnya Kamu gunakan. Kamu seharusnya tidak membayar untuk unlimited data jika Kamu hanya menggunakan 2 GB atau 4 GB per bulan. Oleh karena itu, menurunkan versi paket seluler kamu dapat menghemat uang tanpa mempengaruhi kualitas layanan.

4. Declutter dan Jual Segalanya (yang tidak membuat Kamu senang)

Pernahkah Kamu mendengar tentang "decluttering"? Decluttering dapat didefinisikan sebagai membuang barang-barang yang tidak perlu di rumah Kamu yang tidak dibutuhkan dan rela Kamu lepaskan. Tidak hanya dapat membuat rumah Kamu lebih teratur dan rapi, tetapi juga dapat memberi Kamu uang tambahan. Meskipun mendeklarasikan seluruh rumah Kamu dan semua lemari penuh itu terdengar menakutkan, Kamu dapat menyisihkan waktu setiap hari atau setiap minggu untuk mengaturnya. Kamu akan terkejut betapa banyak kekacauan yang Kamu miliki dan uang yang dapat kamu hasilkan dengan menjual barang-barang yang bahkan tidak kamu gunakan atau pikirkan.

5. Masukkan Uang Ekstra Langsung ke Tabungan 

Kamu tidak harus menjadi ahli keuangan untuk menghemat uang. Seringkali semua upaya yang diperlukan untuk menghemat uang adalah dengan langsung memasukkan uang ekstra ke dalam rekening tabungan kamu. Katakanlah Kamu baru mendapat bonus atau kenaikan gaji di tempat kerja. Kamu mungkin ingin membelanjakan uang ini untuk membeli tas branded baru atau sesuatu sebagai hadiah, bukan? Biasakan mengalokasikan uang ekstra ke tabungan Kamu dan berpikir ke depan dengan membuat sedikit perubahan untuk memastikan kamu tidak bangkrut.

Bagaimana Memulai Menabung

Nasihat terbaik yang bisa Kamu dapatkan adalah Kamu hanya akan memulai untuk menabung ketika Kamu mempelajari kebiasaan finansial yang baik dan membiarkan kebutuhan masa depan Kamu lebih penting daripada keinginan Kamu pada saat ini. Jadikan menabung sebagai prioritas dan kebiasaan. Ada banyak cara untuk menyesuaikan dan memantau pengeluaran Kamu, bahkan Kamu tetap bisa menjalani kehidupan yang nikmat walaupun terjadi inflasi. Luangkan waktu untuk menghitung anggaran dan kebiasaan belanja kamu dan ingat bahwa cara kamu membelanjakan dan menyimpan uang adalah unik buat sendiri. Artinya, apa yang berhasil untuk saudara kamu mungkin tidak berhasil untuk kebiasaan kamu dan sebaliknya.

Butuh bantuan untuk tetap mengontrol pengeluaran kamu? Lihat aplikasi catatan keuangan FINETIKS yang bisa bantu kamu untuk mengelola keuangan dan belajar investasi. Ini adalah cara terbaik untuk melacak semua pengeluaran dan tabungan kamu di satu tempat!

Finetiks blog mascot
Butuh bantuan untuk tetap mengontrol pengeluaran Anda? Yuk, periksa aplikasi perencana keuangan gratis kami, FINETIKS. Temukan cara terbaik untuk melacak semua pengeluaran dan tabungan Anda di satu tempat saja!

Langganan newsletter FINETIKS sekarang dan dapatkan notifikasi untuk setiap inspirasi baru tentang keuangan!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Artikel Terkini