Menabung uang untuk kurban Idul Adha

10 Strategi Jitu Menabung Uang untuk Kurban Idul Adha

Joselyn Gomulya
Joselyn Gomulya
May 30, 2024
10 Strategi Jitu Menabung Uang untuk Kurban Idul Adha

Sebentar lagi Hari Raya Kurban nih! Gimana FinTERZ, sudah siap menabung uang untuk persiapan kurban Idul Adha di bulan Juni 2024 nanti?

Jatuh pada tanggal 17 Juni 2024, Idul Adha adalah salah satu perayaan teman-teman Muslim yang identik dengan kegiatan menyembelih hewan ternak seperti sapi atau kambing. Biasanya menjelang Hari Raya Kurban harga hewan ternak melonjak naik nih, FinTERZ!

Nah, kalau kamu mau ikut berpartisipasi memotong hewan kurban, pastikan kamu mulai menabung dan mengatur keuangan dari sekarang. Mengantisipasi keuangan untuk kurban Idul Adha tentu gak hanya melancarkan niat ibadah tapi juga menjaga kondisi finansialmu tetap stabil.

Ingin melakukan kurban saat Idul Adha? Pahami dulu syarat kurban, harga sapi dan kambing kurban, serta cara mengatur keuangan khusus untuk Hari Raya Idul Adha 2024 berikut ini!

Mengenal Istilah ‘Kurban’

Kurban atau qurban adalah bentuk ibadah menyembelih hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, hingga unta pada hari Raya Idul Adha ataupun hari tasyrik. Menurut kepercayaan Islam, qurban hewan ternak hukumnya sunnah muakkad.

Dari beberapa riset yang MinETIKS lakukan, kurban adalah bentuk ibadah paling mulia bagi umat Muslim. Selain melambangkan ketaatan, keikhlasan dan kesabaran, melakukan qurban juga dapat meningkatkan kualitas hidup dari segi rasa syukur, pengorbanan, solidaritas, hingga kepedulian sosial.

Tapi kenapa ya, kita disarankan untuk melakukan perencanaan keuangan yang matang sebelum melakukan kurban saat Idul Adha? Coba deh simak penjelasan penting di bawah ini.

Hewan ternak sapi untuk kurban di ladang hijau yang cerah
Image by wirestock on Freepik

Pentingnya Menabung dan Mengatur Uang untuk Kurban Idul Adha

Menabung uang untuk kurban Idul Adha penting untuk dilakukan guna menjaga kondisi finansial tetap stabil. Selain bentuk ibadah, turut merayakan dan berpartisipasi dalam Lebaran Idul Adha memberikan banyak manfaat sosial dan ekonomi.

Sekarang pertanyaannya, “Kenapa kita harus menabung uang terlebih dahulu untuk kurban Idul Adha? Memangnya gak boleh kalau langsung beli?” Tentu boleh-boleh saja FinTERZ tapi, pastikan kamu punya dana yang cukup sehingga tidak memberatkan kondisi finansial kamu.

Pada dasarnya, kami menyarankan kamu untuk mengatur budget supaya kamu bisa melakukan ibadah qurban dengan tenang dan optimal tanpa adanya beban finansial. Belum lagi harga hewan ternak biasanya melonjak mendekati hari raya.

Maka dari itu, menabung uang untuk kurban Idul Adha dan melakukan simulasi perhitungan tabungan kurban akan membantu kamu melancarkan kegiatan ibadah Hari Raya Kurban.

Harga Hewan Ternak dan Tips Memilih Kurban Sapi maupun Kambing

Sebelum mulai mengatur keuangan untuk Hari Raya Kurban, kamu bisa melihat daftar harga hewan ternak seperti sapi maupun kambing. Mengetahui kisaran harga hewan kurban memudahkan kamu dalam menetapkan alokasi dana.

Dari beberapa sumber, berikut adalah kisaran harga sapi dan kambing kurban per ekor:

  • Kambing Standar sekitar Rp1.500.000
  • Kambing 21-25kg sekitar Rp2.800.000
  • Kambing Super sekitar Rp2.800.000-Rp5.000.000
  • Sapi 250-300kg sekitar Rp18.000.000-Rp90.000.000

Harga hewan ternak untuk kurban tentu berbeda-beda tergantung bobot dan varian hewan. Selama memilih hewan ternak untuk kurban Idul Adha, pastikan kamu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pastikan hewan ternak tidak memiliki riwayat sakit
  • Pastikan hewan ternak mengonsumsi makanan sehat dan bukan kotoran
  • Pilihlah qurban sapi dengan usia minimal 2 tahun dan telah masuk tahun ke-3
  • Pilihlah qurban kambing dengan usia minimal 1 tahun dan telah masuk tahun ke-2
  • Pilihlah qurban domba dengan usia minimal 1 tahun atau 6 bulan

Selama memilih hewan kurban, selalu pilih hewan ternak jantan dan sehat ya FinTERZ. Nah, setelah mengetahui kisaran harga yang perlu dipersiapkan, yuk kita sama-sama menabung uang untuk kurban Idul Adha pakai cara di bawah ini!

10 Strategi Jitu Menabung Uang untuk Kurban Idul Adha

Tidak perlu hutang atau mengajukan pinjaman online, ada banyak cara menabung uang untuk kurban Idul Adha mulai dari niat hingga memanfaatkan bonus dan THR. MinETIKS telah merangkum langkah-langkah terbaik mengatur keuangan untuk Hari Raya Kurban menjadi 10 cara yaitu:

  1. Menentukan Tujuan dan Niat Menabung

Selalu awali niat menabung uang dengan satu tujuan yang ingin kamu capai. Dalam hal ini, kita sudah tau ya FinTERZ, kita sama-sama mau menabung untuk hari raya kurban.

  1. Pilihlah dan Tentukan Jumlah Hewan Kurban

Tentukan hewan kurban yang mau kamu beli, apakah kamu akan membeli sapi atau kambing dan tentukan berapa banyak hewan ternak yang akan kamu beli. Sesuaikan dengan kondisi dan kemampuan finansial supaya proses mengatur keuangan jadi lebih mudah.

  1. Hitung Biaya Hewan Kurban Idul Adha

Perhatikan dan hitung harga hewan kurban yang kamu pilih. Sebagai contoh, kamu akan membeli qurban sapi seharga Rp18.000.000 dan qurban kambing seharga Rp1.500.000.

  1. Tentukan Berapa Lama Kamu Ingin Menabung

Tetapkan target saat kamu ingin mengatur keuangan untuk Hari Raya Kurban. Misalnya kamu ingin menabung uang selama 20 hari untuk kurban sapi dan 8 hari untuk kurban kambing.

  1. Tetapkan Setoran Harian, Mingguan, atau Bulanan

Setelah menentukan durasi menabung, tetapkan setoran sesuai dengan target menabung yang kamu tetapkan entah itu harian, mingguan, ataupun bulanan. Gunakanlah aplikasi perencanaan keuangan untuk qurban dan zakat, FINETIKS.

Download FINETIKS sekarang di Google Play ataupun App Store dan tentukan jangka waktu menabung uang dan besaran setoran sekarang, serta mendapatkan reminder supaya gak lupa melakukan alokasi dana qurban hingga zakat.

  1. Mengalokasikan Gaji Bulanan untuk Qurban

Kamu bisa menyisihkan gaji bulanan yang kamu terima untuk modal awal membeli kurban. Ambil 10-20% dari gaji yang kamu punya atau sesuaikan dengan kebutuhan bulanan, harga hewan qurban, dan durasi menabung.

  1. Kurangi Pengeluaran yang Gak Perlu

Jika kamu berniat untuk mengatur keuangan untuk Hari Raya Kurban setiap harinya, kamu bisa mulai dengan mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting. Daripada makan di restoran atau belanja keinginan, gunakan uang tersebut untuk dana tambahan membeli kurban.

  1. Pakai Bonus dan Uang THR

Uang THR masih sisa? Alhamdulillah, kamu bisa pakai sebagian uang THR sebagai tabungan tambahan kurban Idul Adha.

Kesulitan untuk menyimpan bonus dan uang THR? Supaya gak langsung ludes dan bisa dipakai untuk zakat tahun depan, simak dulu tips kelola THR biar untung disini.

  1. Menggunakan Tabungan Khusus untuk Kurban

Berapa bank biasanya juga menyediakan tabungan khusus qurban dalam bentuk tabungan berjangka. Memilih tabungan yang tepat untuk alokasi dana kurban akan membantu kamu dalam mengatur keuangan menjelang Hari Raya Kurban.

  1. Ajak Keluarga untuk Patungan Hewan Ternak

Gak ada salahnya kamu mengajak keluarga untuk turut berpartisipasi dalam ibadah kurban. Jadikanlah momen ibadah ini untuk meningkatkan keakraban dengan keluarga melalui patungan qurban sapi.

Itulah 10 alternatif menabung uang untuk kurban Idul Adha yang bisa kamu terapkan. Kamu boleh melakukan semua langkah di atas atau menyesuaikan berdasarkan kondisi finansial kamu.

Gak boleh lupa, tetapkan gaya hidup hemat dan hindari pemborosan saat kamu mengatur keuangan untuk Hari Raya Kurban. Dapatkan tips hidup hemat dan bebas dari pemborosan disini.

Finetiks blog mascot
Butuh bantuan untuk tetap mengontrol pengeluaran Anda? Yuk, periksa aplikasi perencana keuangan gratis kami, FINETIKS. Temukan cara terbaik untuk melacak semua pengeluaran dan tabungan Anda di satu tempat saja!

Langganan newsletter FINETIKS sekarang dan dapatkan notifikasi untuk setiap inspirasi baru tentang keuangan!
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Artikel Terkini